Kemenparekraf Evaluasi Certification of Tourism Human Resources

- Rabu, 7 Desember 2022 | 06:19 WIB
Kemenpar evaluasi Kemenparekraf Evaluasi Certification of Tourism Human Resources (Ist)
Kemenpar evaluasi Kemenparekraf Evaluasi Certification of Tourism Human Resources (Ist)

SUARAKARYA.ID: Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melakukan evaluasi kegiatan Certification of Tourism Human Resources yang dilaksanakan pada hari Selasa, 6 Desember 2022 di Hotel Sultan Jakarta Selatan.

Kedua program tersebut merupakan program unggulan Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan yang menggunakan Dana PHLN (Pinjaman Hibah Luar Negeri) dari World Bank.

Dalam sambutannya, Martini Mohamad Paham selaku Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan menyampaikan kegiatan ini merupakan bagian dari berbagai program Kemenparekraf yang bertujuan untuk Percepatan Pemulihan dan Peningkatan Produktivitas Sektor Parekraf melalui Upskilling (peningkatan kompetensi), Reskilling (penguatan kompetensi), dan New Skilling (penambahan kompetensi baru). Hal ini diharapkan mampu menciptakan peluang kerja dan peluang usaha bagi SDM Parekraf yang berkompeten dan berkelanjutan.

Baca Juga: Kasad Jenderal Dudung Berangkatkan 10 Truk Bansos Lanjutan TNI AD ke Cianjur

Program ini juga bentuk penerapan strategi utama Kemenparekraf, yaitu Inovasi, Adaptasi, dan Kolaborasi. Maka dari itu, Kemenparekraf bekerjasama dengan Bank Dunia melaksanakan Program Pembangunan Pariwisata Terintegrasi dan Berkelanjutan (P3TB) atau Indonesia Tourism Development Project (ITDP) yang menggunakan Dana PHLN. Menparekraf yakin sektor Parekraf berpotensi untuk menyerap banyak tenaga kerja dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Titik Lestari selaku Direktur Standardisasi Kompetensi, menambahkan kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian Program Pengembangan dan Pengakuan Kompetensi SDM Pariwisata, yang bertujuan untuk menjamin keberlanjutan pasokan tenaga kerja terampil bagi sektor pariwisata, dengan bukti kompetensi berupa sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh BNSP (Badan Nasional Setifikasi Profesi) di Kawasan 6 DPP (Destinasi Pariwisata Prioritas).

Melalui acara Kick-Off tersebut, diharapkan akan mampu menyebarluaskan informasi terkait kegiatan ini, sehingga mendorong masyarakat/SDM pariwisata untuk berpartisipasi lebih aktif pada rangkaian program tersebut.

Baca Juga: Gelar Travel Fair, Kepulauan Seribu Bangkitkan Perekonomian lewat Pariwisata

Titik Lestari menjelaskan lebih lanjut bahwa Certification of Tourism Human Resources atau Sertifikasi Kompetensi SDM Pariwisata bertujuan untuk:

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Daftar Harga Penginapan Desa Wisata Tembi Bantul

Rabu, 11 Januari 2023 | 18:39 WIB

Harga Terbaru Paket Wisata Desa Tembi Bantul

Rabu, 11 Januari 2023 | 18:37 WIB

Harga Tiket Masuk Wisata Sejarah Lawang Sewu

Minggu, 8 Januari 2023 | 12:19 WIB
X