• Minggu, 4 Desember 2022

Desa Wisata Hanjeli di Kawasan Geopark Ciletuh Menawarkan Konsep Eduwisata Membudidayakan Tanaman Pangan

- Senin, 26 September 2022 | 08:56 WIB
Foto: Humas Kemenparekraf
Foto: Humas Kemenparekraf

 

SUARAKARYA.ID: Desa Wisata Hanjeli di Kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat menawarkan konsep eduwisata, yaitu belajar membudidayakan tanaman pangan “hanjeli” yang hampir punah. 

Tanaman hanjeli atau di daerah juga dikenal sebagai jali, enjelai, atau jelai adalah sejenis tumbuhan biji-bijian tropika dari suku padi-padian atau Poaceae. Tanaman ini banyak tumbuh di Desa Wisata Hanjeli.

Desa Wisata Hanjeli menambahkan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan dengan membangun karakter geografi “sense of place” yang menekankan seluruh elemen karakter alam dan budaya hingga dapat menciptakan pengalaman berwisata yang berbeda.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga: Bali Harus Jadi Center of Excellent Pengelolaan Desa Wisata

Di Desa Wisata Hanjeli wisatawan diajak untuk belajar mengenal pangan lokal mulai dari cara bertanam dan panen hanjeli menggunakan alat tradisional.

Hari Sabtu (24/9/2022) Menparekraf  Sandiaga Salahuddin Uno datang ke Desa Wisata Hanjeli. Menparekraf juga mencoba pengalaman cara bertanam dan panen hanjeli dan melihat langsung proses pengolahan hanjeli.

Bahkan Menparekraf sempat mencoba ikut mengolah hanjeli dengan cara tradisional mulai dari menampi bulir lalu memecah bulir hanjeli menggunakan lesung.

Foto: Humas Kemenparekraf

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resep Seafood Saus Padang Simple dan Enak

Sabtu, 3 Desember 2022 | 10:23 WIB

Maria Vania dan Billy Syaputra Kembali Disorot Publik

Sabtu, 26 November 2022 | 13:52 WIB

Unggahan Nikita Mirzani dan Ancaman 20 Tahun Penjara

Selasa, 15 November 2022 | 14:16 WIB
X