• Senin, 3 Oktober 2022

Desa Wisata Situs Gunung Padang di Kabupaten Cianjur Miliki Peninggalan Zaman Megalitikum

- Jumat, 23 September 2022 | 09:33 WIB
Situs Gunung Padang. ( Foto: Kemenparekraf)
Situs Gunung Padang. ( Foto: Kemenparekraf)

SUARAKARYA.ID: Desa Wisata Situs Gunung Padang ini berada di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dikenal luas oleh para akademisi dan arkeolog sebagai situs peninggalan zaman megalitikum.

Tidak hanya dikenal sebagai lokasi penelitian saja, desa ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang indah berupa hamparan kebun teh dan udara yang sejuk. Sehingga, Desa Wisata Situs Gunung Padang ini memiliki potensi wisata edukasi dan alam yang kaya.

Situs Gunung Padang adalah Cagar Budaya Nasional berupa bangunan punden berundak yang berukuran paling besar dan tertua di Indonesia.

Baca Juga: Bali Disiapkan Jadi Tujuan Wedding Destination Unggulan di Dunia

Situs ini pertama kali dilaporkan oleh penduduk setempat pada tahun 1979 dan sejak tahun 1980-an sampai sekarang telah diteliti oleh Pusat Penelitian Arkeoiogi Nasional, Balai Arkeologi Bandung.

Direktorat Cagar Budaya dan Permuseuman, Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Banten, Universitas Indonesia, Universitas Pajajaran, dan masyarakat yang menaruh minat untuk tahu latar belakang sejarah kebudayaan masa lalu.

Punden berundak Gunung Padang merupakan salah satu warisan budaya yang menggambarkan perilaku manusia prasejarah pada sekitar 3000-2000 tahun yang lalu. Punden berundak ini adalah buatan manusia (susunan binaan) yang terbuat dari batu alam atau yang dikenal dengan nama batuan kekar kolom (coloumnar joint).

Baca Juga: Berkat Event Menarik, Pengunjung Museum Bahari Meningkat, Agustus 2.900 Orang

Rancangannya dibentuk dengan cara yang unik yaitu didirikan di atas satu bukit pada ketinggian 895 m di atas permukaan air laut, di bawahnya berisi batuan kekar kolom yang terbentuk karena proses alam (geology proces).

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik Lagu Baby I Hate You - Nikita Mirzani

Minggu, 2 Oktober 2022 | 05:21 WIB

Kegiatan di Alam Bebas, Bukan Hanya Milik Kaum Muda

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 21:36 WIB

Lirik Lagu Alosi Ripolo Dua - Bugis

Kamis, 22 September 2022 | 20:18 WIB

Lirik Lagu Anak Kukang - Bora Dg Ngirate

Kamis, 22 September 2022 | 06:31 WIB
X