• Jumat, 7 Oktober 2022

Ekowisata Sungai Mudal di Kulon Progo Yogyakarta Diberdayakan PLN, Ekonomi Warga Makin Bergairah

- Jumat, 16 September 2022 | 19:29 WIB
Foto: Humas PLN
Foto: Humas PLN

SUARAKARYA.ID: PT PLN (Persero) turut membantu meningkatkan perekonomian masyarakat melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Hal itu dibuktikan melalui Ekowisata Sungai Mudal di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ekowisata Sungai Mudal telah menjadi mitra PLN Peduli semenjak 6 tahun yang lalu. Kini, Ekowisata tersebut kian berkembang dan diminati para pengunjung. Destinasi wisata ini juga menyerap sebanyak 60 tenaga kerja lokal sebagai pengurus dan pengelola.

“Binaan dari PLN ini membantu mewujudkan program pemerintah yaitu mengentaskan kemiskinan, menyerap tenaga kerja, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,” terang Rudi Hastaryo selaku pengelola.

Baca Juga: Agrowisata Tanjung Sakti, Perlintasan Sepi di Lahat, kini seperti Bali Sehari Dikunjungi 10 Ribu Wisatawan

Ia menambahkan, selama tiga tahun terakhir pengunjung wisata ini terus mengalami peningkatan. Tercatat dari Januari 2022 sampai dengan Agustus 2022 jumlah pengunjung Ekowisata Sungai Mudal mencapai 38 ribu orang yang mana meningkat sebanyak 52% dari tahun 2021.

Pada 2016 lalu, PLN memberikan bantuan program TJSL untuk membangun kawasan Sungai Mudal sebagai ekowisata.‎ Bantuan yang diberikan berupa pembangunan fasilitas pendukung seperti camping ground, tempat duduk, gazebo, pendopo, mushola, toilet, dan kolam pemandian.

Baca Juga: Desa Wisata Tebat Lereh di Kota Pagar Alam Digagas oleh Para Remaja Desa, Miliki Pesona Wisata Alam

Guna memastikan keberlanjutan program TJSL, Komisaris PLN Eko Sulistyo didampingi General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY, M. Irwansyah Putra mengunjungi Ekowisata Sungai Mudal di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Selasa (13/9).

Komisaris PLN, Eko Sulistyo dalam kunjungannya berpesan kepada komunitas setempat untuk terus menjaga dan mengelola lokasi ekowisata dengan baik, agar manfaatnya bisa dirasakan secara maksimal oleh warga.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik Lagu Sayang Kane - Daerah Maluku

Rabu, 5 Oktober 2022 | 21:41 WIB

Lirik Lagu Moree dari NTB

Rabu, 5 Oktober 2022 | 14:58 WIB

Lirik Lagu Es Lilin - dari Jawa Barat

Rabu, 5 Oktober 2022 | 08:03 WIB

Lirik Lagu Ayam Den Lapeh - Elly Kasim

Selasa, 4 Oktober 2022 | 23:26 WIB

Lirik Lagu Kicir-Kicir  - dari DKI Jakarta

Selasa, 4 Oktober 2022 | 23:23 WIB

Lirik Lagu Baby I Hate You - Nikita Mirzani

Minggu, 2 Oktober 2022 | 05:21 WIB

Kegiatan di Alam Bebas, Bukan Hanya Milik Kaum Muda

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 21:36 WIB
X