Desa Wisata Tebat Lereh di Kota Pagar Alam Digagas oleh Para Remaja Desa, Miliki Pesona Wisata Alam

- Rabu, 14 September 2022 | 07:29 WIB
Bersepeda hingga ke lokasi air terjun Napal Kuning. (Ig desawisatatebatlereh.meringang)
Bersepeda hingga ke lokasi air terjun Napal Kuning. (Ig desawisatatebatlereh.meringang)

SUARAKARYA.ID: Desa Wisata Tebat Lereh di Kota Pagar Alam,  menjadi satu-satunya desa wisata di Sumatera Selatan yang masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Desa yang berada di area perbukitan ini memiliki objek wisata mulai dari wisata alam sampai wisata budaya serta kuliner, yang digagas oleh para remaja desa

Desa Wisata Tebat Lereh memiliki air terjun Napal Kuning yang menjadi primadona wisatawan. Memiliki ketinggian ± 8 meter dari permukaan sungai.

Menikmati suasana air terjun Napal Kuning. (Ig desawisatatebatlereh.meringang)

Dinamakan Air Terjun Napal Kuning karena jalanan yang dilalui untuk mencapai tempat ini adalah jalanan terjal dan licin yang terbuat dari tanah napal dan liat. Untuk mencapai air terjun ini ditawarkan paket wisata menggunakan motor ATV.

Selain itu, juga ada agrowisata, sebagian besar penduduk di desa ini bermata pencaharian sebagai petani, sehingga wisata dengan melihat langsung kegiatan bercocok taman di desa ini bisa menjadi pilihan bagi wisatawan.

Baca Juga: Desa Wisata Pentagen di Kabupaten Kerinci, Rawa Tidak Terurus yang Dikembangkan BUMDes Jadi Taman Wisata Air

“Kami lihat daya tarik selain air terjun dan juga budaya yang luar bisa dengan produk ekonomi kreatifnya, kami akan terus mendukung dengan harapan desa wisata ini menjadi peluang usaha dan peluang kerja. Karena desa wisata ini digagas oleh para remaja, jadi harus kita apresiasi,” kata Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat visitasi 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia di Desa Wisata Tebat Lereh di Pagar Alam, Selasa (13/9/2022).

Baca Juga: Desa Wisata Negeri Hila di Maluku Tengah Unggulkan Sejarah Awal Mula Jalur Rempah yang Terkenal di Dunia

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X