• Minggu, 27 November 2022

Pameran Seni Pop Art Jakarta Bisa Menjadi Wisata Bentuk Baru Menyuguhkan Keunikan Karya

- Rabu, 31 Agustus 2022 | 04:46 WIB
Foto: Humas Kemenparekraf
Foto: Humas Kemenparekraf

SUARAKARYA.ID: Pameran Seni Pop Art Jakarta 2022 di Senayan Park, Jakarta,  hadir sebagai wadah para kreator untuk memasarkan dan mengenalkan kepada publik hasil produk kreatif yang mereka buat. Pop Art Jakarta juga bisa menjadi wisata bentuk baru yang menyuguhkan keunikan karya dan interaksi seru dengan karakter intellectual property (IP) lokal.

Pendapat itu diutarakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno seusai mengunjungi Pameran Seni Popw Art Jakarta 2022 di Senayan Park, Jakarta, Senin (29/8/2022) malam.

Foto: Humas Kemenparekraf

Menparekraf Sandiaga mengutarakan bahwa Ekosistem industri kreatif semakin menggeliat dan paling cepat pulih. Terbukti sudah banyak pameran seni yang ada di tanah air, salah satunya Pop Art Jakarta yang digelar sejak 12 Agustus hingga 4 September 2022. Hal itu bakal menggeliatkan perekonomian karena bisa membuka lapangan kerja.

Baca Juga: Desa Wisata Pulau Pahawang di Kabupaten Pesawaran Lampung Memiliki Pesona Alam Bawah Laut Sangat Menawan

"Saya meyakini sektor ekonomi kreatif dapat pulih paling cepat dibandingkan sektor-sektor lain setelah pandemi," kata Menparekraf Sandiaga

Menparekraf Sandiaga mengatakan pada saat ini, nilai revenue global dari character and entertainment licensing cukup besar, yaitu 275,936 juta dolar AS, dan diperkirakan terus meningkat hingga mencapai 384,508 juta dolar AS pada 2028. “Untuk itu, Indonesia perlu ambil bagian dari tren positif ini,” ujarnya.

Baca Juga: Wayang Orang Bali Burisrawa Gandrung Ada Pak Sambo, Memukau Ratusan Pengunjung Museum Wayang di Kota Tua

Melihat besarnya pertumbuhan peluang lisensi karakter baik domestik maupun mancanegara, Menparekaf Sandiaga mengatakan Indonesia harus mulai menyusun strategi komersialisasi dan perkenalan ke publik IP Licensing. 

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Maria Vania dan Billy Syaputra Kembali Disorot Publik

Sabtu, 26 November 2022 | 13:52 WIB

Unggahan Nikita Mirzani dan Ancaman 20 Tahun Penjara

Selasa, 15 November 2022 | 14:16 WIB

BCL Tak Hamil Fakta

Kamis, 10 November 2022 | 18:29 WIB
X