• Senin, 28 November 2022

Perayaan HUT ke-77 RI di Wisata Bukit Dewi Manggung, Heboh dan Semarak

- Sabtu, 20 Agustus 2022 | 13:10 WIB
Musik khas Jawa Barat, Angklung dipentaskan di kawasan wisata Bukit Dewi Manggung (Ist)
Musik khas Jawa Barat, Angklung dipentaskan di kawasan wisata Bukit Dewi Manggung (Ist)

SUARAKARYA.ID: Rangkaian acara perayaan HUT ke 77 Kemerdekaan RI yang digelar oleh kolaborasi UMKM Subang, UMKM Jakarta dan UMKM Banyumas sukses membuat heboh dan semarak kawasan Desa Wisata Bukit Dewi Manggung. Sebuah kawasan yang kini dicanangkan sebagai "hub" destinasi wisata dengan fungsi sebagai etalase seni budaya Subang Selatan.

Di rangkaian acara yang diadakan dua hari (16-17 Agustus 2022) ini, warga dan wisatawan Bukit Dewi Manggung dibuat kagum. Mereka merasa terhibur oleh berbagai hiburan yang disajikan masyarakat, khususnya UMKM Desa Wisata di Kecamatan Tanjungsiang Subang Selatan

Selain terhibur, suasana sejuk dan indahnya kawasan Desa Wisata di Kecamatan Tanjungsiang, seperti Bukit Dewi Manggung, juga membuat pengunjung merasa nyaman. Pengunjung disuguhi dengan pemandangan alam perbukitan dengan udara fresh full oxygen. Semua ini semakin menambah keseruan pengunjung dan masyarakat menyaksikan serta mengikuti aneka perlombaan dan pagelaran seni budaya sambil menikmati kuliner khas Sunda, DKI Jakarta dan Jateng.

Baca Juga: Bukit Dewi Manggung, Destinasi Wisata yang Tengah Ngehits dan Instagramable

Baca Juga: Festival 7 Sungai Mengangkat Kearifan Lokal Potensi Wisata Subang

Di sini sepertinya para UMKM binaan mampu memuaskan para penyewa Glamping (Glamour Camping) untuk healing bersama keluarga. Selain itu kepuasan juga didapat dengan adanya fun games dan flyingfox. Tak lupa makanan khas UMKM 3 kota, yakni bakar kambing guling, makan buah pisang dan jambu kristal dari Desa wisata Bukit Jamkrishill yang enak disuguhkan juga di sini.

Keseruan lainnya yang tidak bisa ditinggalkan di Bukit Dewi Manggung, desa wisata yang baru berdiri satu tahun ini adalah pengunjung dan warga bisa ikut merasakan kearifan lokal. Seperti berlatih angklung dan berlatih aksi beladiri Pencak Silat Jawara Subang Selatan Pimpinan Bapak Firdaus Cahyadi, S.Pdl.

Selain itu lomba Tarik tambang, dan lomba makan kerupuk menambah serunya acara perayaan kemerdekaan di Tanjungsiang Subang Selatan. Sementara di desa Wisata Sindanglaya terpantau warga antusias mengikuti Panjat Pinang dengan hadiah yang selalu dinanti setiap tahunnya.

Di malam hari yang dingin berkabut setelah hujan deras mengguyur, pengunjung Bukit Dewi Manggung menikmati suguhan alunan “Kacapi Biola” di Aula BuDeMang. Kreativitas para seniman Tanjungsiang, dengan aransemen tambahan musik biola ini membuat musik tradisional Sunda terdengar indah.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kegiatan di Alam Bebas, Bukan Hanya Milik Kaum Muda

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 21:36 WIB

Bali Siap Sambut Puluhan Negara Peserta Kongres DWP

Jumat, 26 Agustus 2022 | 16:48 WIB

Wisata Alam Malang, Coban Rondo

Selasa, 23 Agustus 2022 | 16:55 WIB

Wisata Gunung Bromo, Ini 8 Lokasi Andalannya

Jumat, 19 Agustus 2022 | 08:17 WIB

Wisata Bogor, Mau yang Bergaya Eropa Ada di Sini

Kamis, 18 Agustus 2022 | 11:17 WIB
X