• Sabtu, 1 Oktober 2022

Desa Wisata Undisan di Kabupaten Bangli Jaga Kelestarian Seni dan Budaya Diperkuat dengan Awig-awig

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 10:32 WIB
Foto: Twitter Undisan Village
Foto: Twitter Undisan Village

SUARAKARYA.ID: Desa Wisata Undisan yang berada di Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Pulau Bali bisa menjadi tempat tujuan wisata bagi Anda yang senang dengan  pariwisata alam, budaya dan seni kreatif.

Pengelolaan Desa Wisata Undisan  mengedepankan pariwisata berbasis masyarakat yang menjunjung tinggi komunitas adat.

Masyarakat Desa Undisan kebanyakan berprofesi sebagai petani, peternak, dan pengrajin kerajinan bunga emas dan perak. Hal inilah yang kemudian dikemas dengan sangat baik oleh pengelola Desa Wisata Undisan.

Ditopang dengan suasana alam yang asri dan sejuk, membuat Desa Wisata Undisan menawarkan pariwisata yang memiliki daya tarik tinggi. Pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Desa Wisata Undisan di bawah naungan Desa Adat Undisan Kelod yang masih menjaga kelestarian seni dan budaya, dengan diperkuat oleh awig-awig atau peraturan desa adat.

Beberapa kegiatan budaya yang masih terus dilakukan antara lain peparuman adat, pelestarian pura, subak, pengadaan Upacara Ngaben, serta pelestarian tarian sakral.

Foto: Pemprov Bali

Di Desa Wisata Undisan terdapat berbagai homestay yang menawarkan fasilitas dan kegiatan menarik bagi wisatawan. Di antaranya belajar tari dan melihat penampilan para penari dalam balutan busana daerah, menikmati sajian kuliner khas, serta wisatawan juga bisa ikut dalam proses pembuatan.

"Ini merupakan kesempatan kita untuk mendukung kebangkitan ekonomi kita, kebangkitan sektor pariwisata melalui desa wisata. Di tengah-tengah pandemi, terbukti tingkat kunjungan ke desa wisata meningkat 30 persen. Di tengah-tengah pandemi, di saat pariwisata mengalami kesulitan, ternyata desa desa wisata jadi pilihan utama karena konsep yang dijual adalah keseharian masyarakat desa di alam yang sangat terbuka," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Best of The Best

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik Lagu Alosi Ripolo Dua - Bugis

Kamis, 22 September 2022 | 20:18 WIB

Lirik Lagu Anak Kukang - Bora Dg Ngirate

Kamis, 22 September 2022 | 06:31 WIB

Asmara Wilona - Varell  dan  Profil Keduanya

Senin, 19 September 2022 | 12:54 WIB
X