• Senin, 3 Oktober 2022

Wisata Kuliner: PIM Meriahkan HUT Kemerdekaan RI dengan Pasar Nusantara untuk Indonesia Makin Kuat

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 04:58 WIB
Wisata Kuliner di Pondok Indah Mall (PIM) dimeriahkan HUT Kemerdekaan RI dengan Pasar Nusantara untuk Indonesia makin kuat (AG Sofyan )
Wisata Kuliner di Pondok Indah Mall (PIM) dimeriahkan HUT Kemerdekaan RI dengan Pasar Nusantara untuk Indonesia makin kuat (AG Sofyan )
 
SUARAKARYA.ID: Wisata kuliner, Pondok Indah Mall (PIM) meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 77 dengan gelaran Pasar Nusantara untuk Indonesia semakin kuat.
 
Pasar Nusantara berlangsung mulai tanggal 11-21 Agustus 2022, dengan puncak acara pada tanggal 17 Agustus 2022 sebagai bentuk partisipasi dan mensyukuri perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. 
 
Kali ini Pasar Nusantara akan menghadirkan rangkaian acara seperti Festival Kuliner Nusantara yang diberi tajuk “Passer Legende”, Galeri Pakaian dan Kerajinan Nusantara, Parade Busana Fashiontastic yang akan bekerjasama dengan Fashionlink sebagai rangkaian acara “Road to JFW 2023” dan Pertunjukan Tari dan Musik Gamelan Bali. 
 
 
Semua rangkaian acara yang dihadirkan juga sebagai bentuk PIM berpartisipasi dalam Indonesia Shopping Festival yang digagas oleh Asosiasi Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI).
 
Eka Dewanto selaku General Manager PIM mengatakan momentum gelaran Pasar Nusantara yang dihelat di mall legend di selatan Jakarta ini sebagai penanda bahwa masyarakat IndonesIa siap bangkit dari Pandemi Covid-19.
 
 
"PIM mengajak masyarakat untuk bangkit dan menjadi lebih kuat lagi setelah hampir 3 tahun Indonesia dilanda Pandemi. Melalui Pasar Nusantara ini, kami tuangkan semangat tersebut dan merayakan perbedaan serta keberagaman yang menjadikan Indonesia adalah negara yang kuat, dengan terus menjunjung tinggi Pancasila dan semangat Bhinneka Tunggal Ika," ujar Eka kepada wartawan di lokasi Pasar Nusantara, Jakarta, Kamis (11/8/2022).
 
Eka menegaskan Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman, mulai dari keberagaman suku, ras, agama, bahasa dan adat istiadat menjadikan negara yang sangat majemuk.
 
 
"Dengan adanya keberagaman ini tidak menjadi penghalang bagi keharmonisan negara kita, melainkan menjadikan negara yang kuat oleh tali persaudaraan, persatuan, kebersamaan, dan penuh toleransi," tandasnya.
 
Festival Kuliner Nusantara “Passer Legende”, kata Eka meneguhkan Indonesia yang merupakan negara dengan berbagai perbedaan mulai dari suku, ras, agama, bahasa, dan adat istiadat adalah negara yang kaya akan legenda dan cerita rakyat. 
 
 
"Tak hanya cerita turun temurun yang sudah menjadi tradisi dari budaya, namun resep dan kuliner yang ada pun menjadikan Indonesia sebagai negara dengan berbagai Legenda Kuliner," ucap Eka.
 
Bersama dengan JIISCOMM, Pondok Indah Mall ingin mengobati rasa rindu akan kenangan dan cita rasa Nusantara dengan menghadirkan “Passer Legende”. 
 
 
Passer Legende sendiri adalah sebuah Festival Kuliner yang menghadirkan berbagai resep 
legenda dari seluruh penjuru Indonesia. 
 
PIM hadir dengan Pasar Nusantara dengan 37 macam kuliner khas Nusantara, seperti: Gudeg Yu Djum Yogyakarta, Sate Sapi Pak Kempleng, Nasi Goreng Babat Pandawa, Mie Jowo Semar, Soto Kaki Sapi H. Agus Barito, Mie Kocok Bandung Marika, Mie Baso Sarirasa 81, Ketan Susu Kemayoran, Tahu Gimbal Semarang (AG Sofyan )
 
Hadir dengan 37 macam kuliner khas Nusantara, seperti: Gudeg  Yu Djum Yogyakarta, Sate Sapi Pak Kempleng dabln Nasi Goreng Babat Pandawa, Mie Jowo Semar, Soto Kaki Sapi H. Agus Barito, Mie Kocok Bandung Marika, Mie Baso Sarirasa 81, Ketan Susu Kemayoran 1958, Toko Oen Semarang, Cuanki Bandung Mang Udin, Chingcongfan dan Kue Medan Pak Karim, Chingcongfan dan Kue Medan Pak Karim, Es Durian Iko Gantinyo, Sinar Garut 27, dan masih banyak makanan dan minuman khas lainnya. 
 
 
Eka Dewanto mengatakan pengunjung dapat menikmati aneka ragam kuliner tersebut di Street Gallery Lantai 2 mulai pukul 10:00-22:00 WIB setiap hari dan dapat melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan QRIS yang disediakan oleh Yukk dan iSeller. 
 
Ada juga program cashback hingga 50% bagi pengunjung yang bertransaksi dengan Octo Mobile.
 
 
Galeri Pakaian dan Kerajinan Nusantara
 
Selain itu juga digelar Galeri Pakaian dan Kerajinan Nusantara yang akan menghadirkan berbagai macam karya hasil kreasi tangan 
anak bangsa, seperti batik, kain Nusantara, kerajinan dan kriya Nusantara, hijab Nusantara, dan produk-produk otentik lainnya. Pengunjung yang ingin menikmati Galeri Pakaian dan Kerajinan Nusantara dapat berkunjung ke PIM mulai dari PIM 1 lantai dasar, dan North Skywalk lantai 1 dan 2.
 
Galeri Pakaian dan Kerajinan Nusantara menghadirkan ragam produk lokal, diantaranya koleksi busana Mandjha by Ivan Gunawan, Cosmetic Ivan Gunawan, Ary Arka, Batik Riana Kesuma, Kaingara by Sara, L Daily by Lesty Kejora, dan Qonita Gholib.
 
 
Parade Busana Fashiontastic
 
Sedangkan Fashiontastic yang mengusung tema “Keragaman Budaya Nusantara” akan berkolaborasi dengan fashion designers dari Jakarta Fashion Week (JFW) dan Fashionlink.
 
Pada Fashiontastic kali ini akan ada penampilan spesial dari Fashionlink dalam rangka Road To JFW 2023 dan koleksi busana serta aksesoris dari merek-merek Internasional yang merupakan tenant PIM.
 
 
PIM juga hadirkan galeri pakaian dan kerajinan nusantara, parade busana Fashiontastic yang akan bekerjasama dengan Fashionlink sebagai rangkaian acara “Road to JFW 2023” dan pertunjukan tari dan musik gamelan Bali (AG Sofyan )
 
Adapun tenant PIM yang berpartisipasi untuk menampilkan koleksi busana atau aksesoris terbaiknya adalah Metro, Sogo Seibu, League, Zara, Massimo Dutti, Cotton On, Pull & Bear, Stradivarius, Ben Sherman, Steve Madden, Et Cetera, Executive, Le Coq Sportif, Max Fashions, Batik Keris, Kami., Jenna&Kaia, Callie, Voyej, Zeta Scarves Lifestyle, The Palace National Jeweler, Passion Jewelry, Diamond & Co., dan The Body Shop. 
 
Fashiontastic tahun ini juga bekerjasama dengan The Body Shop sebagai sponsor make-up dan juga Rudy Hadisuwarno Cosmetics sebagai sponsor hair-do. 
 
Tidak hanya itu, tepat pada hari perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di PIM akan dimeriahkan juga oleh pertunjukan Tari dan Gamelan Bali.
 
 
Pertunjukan tersebut dapat Anda saksikan pada pukul 13:00 WIB dan 16:00 WIB di atas panggung Fashiontastic.
 
“Kami berharap dengan adanya ‘Pasar Nusantara’ ini dapat memperkenalkan kembali kekayaan Negara kita Republik Indonesia kepada masyarakat dan menambah rasa bangga masyarakat, terutama pengunjung Pondok Indah Mall, terhadap ragam budaya bangsa Indonesia sehingga mampu bersinergi mewujudkan bangsa yang kokoh dan saling menghormati, serta dapat memberikan semangat untuk Jbangkit kembali setelah lama Negara Republik Indonesia diterpa Pandemi," pungkas Eka Dewanto. ***  

Editor: Pudja Rukmana

Sumber: Liputan langsung narasumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik Lagu Baby I Hate You - Nikita Mirzani

Minggu, 2 Oktober 2022 | 05:21 WIB

Kegiatan di Alam Bebas, Bukan Hanya Milik Kaum Muda

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 21:36 WIB

Lirik Lagu Alosi Ripolo Dua - Bugis

Kamis, 22 September 2022 | 20:18 WIB

Lirik Lagu Anak Kukang - Bora Dg Ngirate

Kamis, 22 September 2022 | 06:31 WIB
X