• Minggu, 4 Desember 2022

Pertamina Lakukan Upskilling 80 UMK DPSP Labuan Bajo terkait Industri Pariwisata dan Perhotelan

- Sabtu, 30 Juli 2022 | 23:37 WIB
Foto ilustrasi: Istimewa
Foto ilustrasi: Istimewa

SUARAKARYA.ID: Melalui kolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, PT Pertamina (Persero) menyelenggarakan kegiatan upskilling terhadap 80 UMK unggulan di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo yang dilaksanakan secara daring pada 26-28 Juli 2022.

Menurut informasi yang dihimpun suarakarya.id hari Sabtu (30/7/2022) pengertian upskilling adalah proses pembelajaran atau pelatihan kemampuan baru karena tuntutan perkembangan teknologi.

Kegiatan upskilling terhadap 80 UMK unggulan di DPSP Labuan Bajo dilaksanakan dalam rangka peningkatan kapasitas UMK jelang temu bisnis dengan industri pariwisata dan perhotelan Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam rangka memperkuat rantai pasok industri pariwisata dan ekonomi kreatif di DPSP Labuan Bajo, sekaligus memberikan akses peluang ekonomi kepada UMK sehingga berdampak positif terhadap meningkatnya sektor pariwisata NTT.

Baca Juga: Pertamina Jadikan Digitalisasi Backbone Perusahaan, Setelah Berhasil Bangun Shared Services

Turut hadir Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf, Henky Manurung, Direktur Manajemen Industri Kemenparekraf, Anggara Hayun Anujuprana, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo, Shana Fatina, serta dari Pertamina diwakili oleh Rudi Ariffianto selaku Manager SMEPP. UMK yang hadir terdiri dari 51 UMK sektor kuliner, 16 UMK fashion, dan 13 UMK kriya    

“Pariwisata merupakan salah satu sektor yang paling terdampak Covid-19 akibat pemberlakuan pembatasan aktivitas masyarakat di mana terjadi penurunan tingkat kunjungan wisata yang berimbas langsung kepada permintaan produk UMK,“ ujar Rudi Ariffianto, Manager SMEPP Pertamina.

Rudi menambahkan, kondisi ini membuat Pertamina beserta pemangku kepentingan lainnya gencar melakukan upaya agar industri pariwisata dan UMK bangkit jelang pulihnya Covid-19.

Baca Juga: Lirik Lagu Dinda Di Mana - Katon Bagaskara (KLA Projects) ... Mengalun Ngelangutkan Jiwa

Pertamina senantiasa mendukung berbagai upaya yang dilakukan Pemerintah untuk memberikan fasilitasi kepada Mitra Binaan untuk selalu mendampingi melalui berbagai program pembinaan, pelatihan serta akses peminjaman modal usaha.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resep Seafood Saus Padang Simple dan Enak

Sabtu, 3 Desember 2022 | 10:23 WIB

Maria Vania dan Billy Syaputra Kembali Disorot Publik

Sabtu, 26 November 2022 | 13:52 WIB

Unggahan Nikita Mirzani dan Ancaman 20 Tahun Penjara

Selasa, 15 November 2022 | 14:16 WIB
X