• Sabtu, 1 Oktober 2022

BPS Merilis 10 Provinsi Termiskin di Indonesia Meski Potensi SDA Daerah  Itu Mantap

- Minggu, 24 Juli 2022 | 05:23 WIB
Ilustrasi (Istimewa)
Ilustrasi (Istimewa)



SUARAKARYA.ID: Meski potensi sumber daya alam (SDA) daerahnya mendukung namun sejumlah provinsi di Indonesia masih tergolong miskin.

Badan Pusat Statistik (BPS) baru saja merilis 10 provinsi dengan kemiskinan tertinggi di Indonesia. Hampir semua provinsi ini punya potensi wisata yang luar biasa.

Papua, Papua Barat, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Gorontalo, Aceh masuk ke dalam 10 daerah dengan kemiskinan tertinggi. Padahal jika kita telusuri, daerah-daerah ini punya potensi wisata yang banyak.

Baca Juga: Artis Nikita Mirzani Bebas dari Tahanan Polisi, Alasan Kemanusiaan

Menanggapi hal ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno telah memiliki program untuk membantu daerah tersebut. Programnya adalah desa wisata.

"Mengenai angka BPS, Alhamdulillah kemiskinan di Indonesia turun tapi ketimpangannya meningkat. Kami memiliki program yang sangat relevan, sangat efektif dalam mengatasi kemiskinan dan sudah kami lakukan di 18 bulan terakhir. Yaitu desa wisata," ujar Sandiaga dalam jumpa pers mingguan.

Wabah Terkendali

Sandiaga mengatakan bahwa desa wisata yang berkelanjutan ini menyentuh setiap poin dari 17 sustainable development. Dan program desa wisata ini telah terbukti bisa menciptakan lapangan kerja yang berkualitas yang membuka cross kolaborasi antara pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca Juga: Lirik Lagu Mama dari Inggris

"Yang menarik bahwa Papua, NTB, NTT dan beberapa provinsi lainnya sekarang meningkat desa-desa wisatanya. Dan kami sangat yakin dari total 7.500 desa wisata, potensi ini kita bisa kerjakan di 3 tahun ke depan untuk memasukkan mereka ke dalam jaringan desa wisata," tambahnya.

Selain desa wisata, Kemenparekraf juga punya program kampung tematik untuk wilayah perkotaan. Sandiaga pun ingin program ini bisa menjadi penunjang untuk peningkatan ekonomi.

"Selain desa wisata, akan ada kampung kampung tematik yang ada di wilayah perkotaan. Jadi kalau kita bedah angka kemiskinan memang mayoritasnya memang ada di perdesaan. Jadi kita punya program yang betul-betul kita ingin menjadi lokomotif dan eskalator dalam pengikisan kemiskinan dan anak tangga untuk menciptakan lapangan kerja," ujarnya.

Alhamdulillah
Sandiaga juga menargetkan terbukanya lapangan pekerjaan.

Baca Juga: Masuk Tahap Penyidikan Kasus Dugaan Pembunuhan Brigadir J

"Menariknya lagi desa wisata menciptakan lapangan pekerjaan yang banyak di sektor pariwisata ekonomi kreatif. Tahun ini kita menargetkan 1,1 juta lapangan pekerjaan baru dan di tahun 2024 target 4,4 juta," tutup Sandiaga Uno.

Masyarakat di 10 daerah itu pun diimbai untuk bangkit dari ketertinggalannya.

Yakni dengan mendukung setiap program pemberdayaan UMKM yang  dicanangkan pemerintah. ***



Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bali Siap Sambut Puluhan Negara Peserta Kongres DWP

Jumat, 26 Agustus 2022 | 16:48 WIB

Wisata Alam Malang, Coban Rondo

Selasa, 23 Agustus 2022 | 16:55 WIB

Wisata Gunung Bromo, Ini 8 Lokasi Andalannya

Jumat, 19 Agustus 2022 | 08:17 WIB

Wisata Bogor, Mau yang Bergaya Eropa Ada di Sini

Kamis, 18 Agustus 2022 | 11:17 WIB

Nimo Highland, Destinasi Wisata Bandung Terbaru

Kamis, 18 Agustus 2022 | 10:47 WIB

Wisata Bandung Paling Hits dan Favorit Wisatawan

Senin, 15 Agustus 2022 | 20:23 WIB
X