Bob Tutupoly Pernah Satu Studio Bersama Musisi Top Dunia Jimi Hendrix

- Selasa, 5 Juli 2022 | 17:13 WIB
Bob Tutupoly bersama Vina Panduwinata (Ist)
Bob Tutupoly bersama Vina Panduwinata (Ist)

SUARAKARYA.ID: Siapa sangka penyanyi legendaris almarhum Bob Tutupoly pernah akrab dengan musisi top dunia Jimi Hendrix. Bob Tutupoly yang meninggal Selasa (5/7/2022) pukul 00.03 WIB dini hari, sebelum meninggal dunia, sempat membutuhkan transfusi darah.

Dalam meniti karirnya sebagai penyanyi, Bob Tutupoly memang sempat bejuang sendirian di Amerika. Pada tahun 1969 ia pindah ke Los Angeles, Amerika Serikat.

Bob Tutupoly pindah ke Amerika Serikat karena menerima tawaran untuk bergabung dalam grup Venturas. Sayangnya setiba di Amerika, kehidupan tidak semudah yang dibayangkannya.

Apalagi manajemen Venturas tak menepati janji untuk menemukan produser dan rekaman di sana. Alhasil, Bob pun bertahan hidup di Amerika Serikat dengan bekerja paruh baya di toko musik.

Baca Juga: Profil dan Biodata Bob Tutupoly, Penyanyi Legendaris

Baca Juga: Indonesia Pemilik Perairan  Natuna Utara, China Gigit Jari

Setelah berjuang hidup di Amerika, Bob akhirnya menemukan rumah barunya dalam bermusik. Ia bergabung dengan grup The Midnighters dan sering bernyanyi di San Fransisco serta Los Angeles.

Setelah itu, ia pindah ke Las Vegas dan semakin banyak mendapatkan pekerjaan bernyanyi di klub malam dan sejumlah kasino. Bahkan selama di sana, ia pernah rekaman lagu "Hello LA" dan "Bye-Bye Birmingham". Sayangnya, dua lagu tersebut tak pernah dirilis.

Selama di Amerika Serikat, Bob Tutupoly juga pernah menjalin pertemanan dengan sejumlah musisi besar kala itu. Melansir dari wawancara di kanal YouTube medcom id, nama-nama seperti Andy Williams, Al Jarreau, hingga Jimi Hendrix pernah akrab dengannya. Bahkan, ada satu momen ketika Bob berada di satu studio dengan Jimi Hendrix.

Titik balik dalam karier Bob Tutupoly dialaminya setelah ia bertemu dengan Direktur Utama Pelita (Anak Perusahaan Pertamina) kala itu, Haryono. Setelah keduanya akrab, Bob sempat menjadi public relation dan penyanyi di restoran milik Pertamina di New York.

Hingga akhirnya pada 1976, Bob Tutupoly kembali ke Indonesia untuk merekam lagu "Widuri" karya Slamet Adriyadie. Sejak itulah namanya semakin dikenal di Indonesia. Lagu-lagu seperti "Lidah Tak Bertulang", "Tiada Maaf Bagimu", dan "Tinggi Gunung Seribu Janji" melambungkan namanya.***

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Salma Salsabil Pantas Juara Indonesian Idol 2023

Selasa, 23 Mei 2023 | 14:44 WIB

Juara Indonesian Idol 2023, Nabilah atau Salma?

Senin, 22 Mei 2023 | 11:20 WIB
X