• Sabtu, 20 Agustus 2022

Bakar Jaudah Massal Di Festival Jangkat 2022 Masuk Rekor MURI

- Minggu, 26 Juni 2022 | 04:51 WIB
Membakar jaudah tradisi Jangkat (Ist)
Membakar jaudah tradisi Jangkat (Ist)

SUARAKARYA.ID: Aksi Bakar Jaudah massal yang berlangsung di Festival Jangkat 2022, di Desa Lubuk Pungguk, Kecamatan Jangkat, Jumat (24/6/2022), berhasil masuk dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Jaudah adalah kuliner khas dari kawasan Jangkat, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Aksi bakar Jaudah yang dilakukan sekitar 600 ratus warga, disaksikan langsung tim dari MURI Andre Purwandono dan Brian.

‘’Kami perwakilan dari MURI memutuskan, Bakar Jaudah sudah sangat layak masuk dalam rekor dunia (MURI), karena sangat spesial, luar biasa, unik dan spektakuler,’’ ujar Andre Purwandono, dibenarkan Brian.

Baca Juga: Dokter Urogi - Seks Di Waktu Pagi Hari Memberi Banyak Manfaat Bagi Tubuh

Baca Juga: Usung Festival Jangkat 2022, Jambi Gelar Famtrip Media

Piagam rekor MURI itu diberikan Andre Purwandono kepada Wakil Gubernur Jambi H Abdullah Sani, didampingi Bupati Merangin H Mashuri bersama Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hj Hesti Haris dan Ketua TP PKK Merangin Hj Nurhaida Mashuri.

Ratusan lempeng Jaudah yang sudah dibakar massal itu, kemudian dinikmati ramai-ramai oleh warga dan para pejabat yang hadir sambil minum kopi. Tidak hanya Wakil Gubernur Jambi, hadir juga unsur Forkopimda Provinsi Jambi dan Forkopimda Merangin.

Ahmad Mahendra, Direktur Perfilman, Musik dan Media Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, menegaskan Jaudah merupakan dodol terenak di dunia.

‘’Kalau dodol biasanya terlalu manis, tapi Jaudah ini tidak. Rasa jaudah ini ada manisnya kandungan kelapanya terasa di lidah dan enak sekali. Apalagi sampai dibakar,’’ terang Ahmad Mahendra.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wisata Gunung Bromo, Ini 8 Lokasi Andalannya

Jumat, 19 Agustus 2022 | 08:17 WIB

Wisata Bogor, Mau yang Bergaya Eropa Ada di Sini

Kamis, 18 Agustus 2022 | 11:17 WIB

Nimo Highland, Destinasi Wisata Bandung Terbaru

Kamis, 18 Agustus 2022 | 10:47 WIB

Wisata Bandung Paling Hits dan Favorit Wisatawan

Senin, 15 Agustus 2022 | 20:23 WIB

Devoyage Bogor, Wisata Dengan Nuansa Ala Eropa

Jumat, 12 Agustus 2022 | 23:11 WIB
X