• Sabtu, 20 Agustus 2022

Berlangsung Meriah, Festival Jangkat 2022 Angkat Budaya Dan Daya Tarik Wisata Jambi

- Jumat, 24 Juni 2022 | 13:24 WIB
Tari Khadam memeriahkan Festival Jangkat 2022 (Ist)
Tari Khadam memeriahkan Festival Jangkat 2022 (Ist)

SUARAKARYA.ID: Wakil Gubernur Jambi, Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I membuka Festival Jangkat 2022, di lapangan sepak bola Lubuk Pungguk, Jangkat, Merangin, Jambi, Jumat (24/6/2022).

Festival berlangsung meriah. Ribuan warga berbondong-bondong menghadiri festival yang menampilkan proses pembakaran Jaudah, makanan khas Jangkat, Merangin.

Pembakaran Jaudah massal yang diikuti sekitar 600 peserta ini juga mendapat penghargaan MURI. Jaudah merupakan makanan khas Jangkat, sejenis lemang jika di Jawa, yang dibakar. Makanan ini kalau disimpan bisa bertahan hingga satu tahun.

Selain atraksi pembakaran Jaudah massal, Festival Jangkat juga diisi kesenian daerah Zikir Ngguk, tarian daerah tari khadam, tari Kisohah dan beberapa kesenian lainnya.

Baca Juga: Pimpinan Ponpes Subang Tega Perkosa Santriwati Gadis 15 Tahun

Baca Juga: Pasca Pandemi Diluncurkan Amazing Online Facilitator, Belajar Perkembangan Teknologi Agar Tak Culture Shock

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Prov Jambi, Drs M Arif Budiman MH, Festival Jangkat yang baru pertama diadakan ini mengangkat budaya masyarakat Jangkat untuk bisa menarik wisatawan berkunjung ke Jangkat, Merangin.

"Kami ingin budaya masyarakat Jangkat dikenal luas dan sebagai daya tarik wisata. Karena Jangkat yang berada di Kabupaten Merangin ini memiliki keindahan alam yang luar biasa bagusnya. Banyak spot-spot wisata alam yang menarik yang bisa dikunjungi di Jangkat ini," ujar Arif Budiman.

"Jangkat merupakan bumi Jangkat, yang memiliki keanekaragaman budaya dan sejarah. Disamping budaya yang terjaga cukup baik juga Jangkat merupakan tempat bersejarah karena terjadi peristiwa pertempuran belanda dengan pejuang di tanah Jangkat ini," kata Arif Budiman.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wisata Gunung Bromo, Ini 8 Lokasi Andalannya

Jumat, 19 Agustus 2022 | 08:17 WIB

Wisata Bogor, Mau yang Bergaya Eropa Ada di Sini

Kamis, 18 Agustus 2022 | 11:17 WIB

Nimo Highland, Destinasi Wisata Bandung Terbaru

Kamis, 18 Agustus 2022 | 10:47 WIB

Wisata Bandung Paling Hits dan Favorit Wisatawan

Senin, 15 Agustus 2022 | 20:23 WIB

Devoyage Bogor, Wisata Dengan Nuansa Ala Eropa

Jumat, 12 Agustus 2022 | 23:11 WIB
X