• Senin, 15 Agustus 2022

Kisah Viral Dari Negeri Jiran Malaysia, Suami Donorkan Ginjal Untuk Istri Tercinta, Bahkan Sejak Masih Pacaran

- Jumat, 27 Mei 2022 | 13:51 WIB
Farah - Kiri. Firdaus - Kanan. Pasangan Suami Istri Yang Viral  Saat Ini (Istimewa)
Farah - Kiri. Firdaus - Kanan. Pasangan Suami Istri Yang Viral Saat Ini (Istimewa)


SUARAKARYA.ID: Kisah viral dari negeri jiran Malaysia. Dua sejoli menjalankan cinta  suci yang terus menyatu dari  mulai pacaran hingga menikah. Bahkan sampai ginjal suami didonorkan kepada istri tercinta agar tetap sehat hidup bersamanya.

Demi kasih sayang kepada istri, pria ini rela berkorban untuk menyelamatkan pasangan yang paling ia cintai.  Walaupun nyawa sebagai taruhannya, sang pria mendonorkan ginjal untuk istrinya, bahkan sejak mereka masih pacaran.

Sang wanita  Farah Syazana Mohd Ruslan (29 tahun) yang menceritakan suaminya, Mohamad Firdaus Zulfikli (31 tahun). Bersedia untuk menjalani pendonor ginjal untuknya ( Farah Syazana Moh Ruslan). Sejak masih pacaran, suaminya sudah menyatakan kesediaannya menjadi pendonor ginjal.

Baca Juga: Kapolda Gorontalo Menang Atas Gugatan Mantan Polwan Yang Dipecat Karena Selingkuh

Cerita Farah soal suaminya mendonorkan ginjal untuknya itu viral setelah diunggahnya ke TikTok. Dia menjawab pertanyaan netizen soal kondisi suaminya setelah ginjalnya diberikan untuk Farah.

"Alhamdullilah sihat seperti keadaan sebelum transplan. Bisa bekerja macam biasa walaupun pekerjaan dia jenis lasak, angkat² berat," tulis Farah dalam unggahan di TikTok yang sudah ditonton lebih dari 42 ribu kali.

Dalam konfirmasinya kepada MStar, Farah mengungkapkan bagaimana dirinya tahu menderita sakit ginjal. Awalnya gejala yang dirasakan wanita asal Malaysia ini adalah sering sakit perut.

Baca Juga: BPKH  Kerja Sama Dengan BRI Salurkan Rp542 Miliar Uang Saku Bagi Jamaah Haji Di Arab Saudi

"Saya kerap merasakan sakit perut sejak 10 tahun yang lalu. Ketika pergi ke klinik untuk periksa, dokter mengatakan air urin saya kotor. Sampai suatu hari, dokter di klinik merujuk saya ke rumah sakit karena ada Urine Track Infection (UTI)," kata Farah kepada Mstar.

"Selama satu tahun saya memiliki masalah ini, dokter memberikan nasihat agar mengangkat ginjal bagian kiri, kebetulan saat itu saya sedang berkenalan dengan suami pada tahun 2013. Tahun itu saya memutuskan untuk membuang ginjal sebelah kiri,"ujar Farah.

Farah mengisahkan lagi ketika menjalani ultasound dan Magnetic Resonance Imaging (MRI) terlihat pinggang kirinya bengkak. Dokter kemudian melakukan pemeriksaan Nuclear Scan dan mendapatkan adanya masalah Duplex Kidney.

Baca Juga: Dua Petinju Andalan Indonesia Naik Ring

Yaitu salah satu kondisi langka yang mana seorang manusia seharusnya hanya memiliki dua ginjal. Justru memiliki tiga atau empat ginjal karena masing-masing ginjal melakukan duplikasi.

Saat itu, Farah terpaksa meneruskan hidup dengan ginjal bagian kanan saja yang berfungsi selama dua tahun. Namun pada 2015, ginjal kanannya sempat memburuk, meskipun masih dalam kontrol dokter dan tidak perlu menjalani perawatan dialisis.

"Penyakit ginjal saya bukan alasan untuk makan jamu atau minum obat atau suplemen apa pun. Bahkan dokter tidak bisa mengindentifikasi penyebab memburuknya fungsi ginjal kanan," jelasnya.

Baca Juga: BMKG Peringatkan Warga Waspadai Cuaca Ektrem Di Wilayah Makassar

Dokter menyarankan Farah untuk transplantasi ginjal karena usianya masih muda. Saat itu, ayahnya ingin sukarela mendonorkan ginjal. Selain sang ayah, Firdaus yang ketika itu masih berstatus menjadi pacarnya juga menyatakan kesediaannya menjadi pendonor ginjal.

"Setelah beberapa ujian saringan, bapak tidak bisa mendonorkan ginjalnya. Saya lega karena bapak dulu pernah sakit," ucap Farah.

Menurut Farah yang kini menetap di Mersing, Johor, Malaysia itu, dia dan Firdaus menikah pada Maret 2016. Pada saat itu operasi transplantasi ginjal urung dilakukan karena berbagai rintangan termasuk pandemi Covid 19.

Baca Juga: Jaring Bibit Olahragawan, 206 Petinju Amatir Ikut Kompetisi Di Kei Maluku Tenggara

Farah pada akhirnya baru melakukan operasi pengangkatan ginjal kanannya dan mendapatkan transplantasi ginjal dari Firdaus pada 21 November 2021. Firdaus yang dalam kesehariannya bekerja sebagai petugas pemadam kebakaran dinyatakan dokter memenuhi kriteria sebagai pendonor ginjal. Operasi transplantasi ginjal tersebut dilakukan di Sunway Medical Hospital Tengah, Selangor, Malaysia.

"Firdaus adalah satu di antara jutaan pria yang menerima saya apa adanya usai mengetahui penyakit ini. Sebelum menikah, dia dan keluarga memang sudah mengetahui. Alhamdulillah rezeki dapat keluarga mertua yang sangat menerima saya," ungkap Farah terharu.

Kini ginjal Firdaus sudah ada di dalam tubuh Farah. Dia dan sang suami sama-sama hidup hanya dengan satu ginjal. Farah bersyukur bisa kembali hidup normal dan tidak terikat dengan cuci darah. Firdaus pun sehat dan bisa bekerja dengan normal. ***

Sumber: wolipop

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Terkini

Lirik Lagu Garuda di Dadaku

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 11:33 WIB

Lirik  Lagu Kiss and Say Goodby - The Manhatten

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 05:02 WIB

Lirik Lagu Bongkar - Iwan Fals

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 05:00 WIB

Lirik Lagu Satukanlah Hati Kami - Paling Dicari

Jumat, 12 Agustus 2022 | 07:40 WIB

Lirik Lagu I Can't Stop Lovin' You - Ray Charles

Kamis, 11 Agustus 2022 | 23:29 WIB

Lirik Lagu O Ina Ni Keke - Hardjosubroto

Kamis, 11 Agustus 2022 | 07:32 WIB

Lirik Lagu Serumpun Padi - R Maladi

Rabu, 10 Agustus 2022 | 06:18 WIB

Lirik Lagu Jembatan Merah - Gesang

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:18 WIB

Lirik Lagu Indonesia Pusaka

Selasa, 9 Agustus 2022 | 10:25 WIB

Indonesia Jaya - Liliana Tanoesoedibyo

Selasa, 9 Agustus 2022 | 10:24 WIB

Indonesia Jaya - Liliana Tanoesoedibyo

Selasa, 9 Agustus 2022 | 08:21 WIB

Lirik Lagu Indonesia Jaya - Chaken M

Selasa, 9 Agustus 2022 | 06:25 WIB

Dirgahayu Indonesia - Husein Mutahar

Selasa, 9 Agustus 2022 | 06:24 WIB
X