• Selasa, 9 Agustus 2022

Nihi Sumba, Surga Mungil Nan Memikat Dari Sumba Barat NTT

- Selasa, 17 Mei 2022 | 10:04 WIB

 

OC Kaligis sambil menunggang kuda menatap keindahan Nihi Sumba 

SUARAKARYA.ID: Advokat senior yang juga akademisi OC Kaligis menyatakan keterpesonaannya terhadap daerah tujuan wisata (DTW) Nihi Sumba, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dia menilai DTW itu surga mungil dunia penuh pesona nan memikat.

Untuk melestarikan dan mengembangkan Nihi Sumba yang begitu menggoda tersebut, OC Kaligis berharap ke Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Bupati Sumba Barat memperhatikan dan memikirkan pengembangan Nihi Sumba yang indah dan memikat.

OC Kaligis mengungkapkan kekagumannya dengan pesona alam Nihi Sumba, Sumba Barat, NTT, yang begitu menarik setelah mengunjungi dan bercengkerama di sana. Dia menyebut resort di Desa Hoba Wawi, Wanakoka, Kabupaten Sumba Barat, itu "The Paradise of the World" atau surga dunia. Dengan keindahan tersebut, tidak heran jika banyak selebritas dunia mengunjungi resort atau Nihi Sumba.

Atas keterpikatan dan kesan luar biasa saat berlibur ke Nihi Sumba itulah, OC Kaligis menyampaikan permintaan dan harapan ke Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam suatu tulisan. Menurutnya, konsep Nihi Sumba yang berhasil dia rekam adalah cinta lingkungan dan cinta masyarakat sekitarnya.

OC Kaligis juga menyampaikan permintaan dan harapan kepada Bupati Sumba Barat, Yohanis Dade, agar dapat meningkatkan infrastruktur, khususnya meng-upgrade jalan ke resort-resort di Kabupaten Sumba Barat yang sedang berkembang pesat. "Seandainya Bupati Sumba Barat Pak Yohanis Dade SH, membaca kesan saya mengenai dunia pariwisata di Sumba Barat, kalau berkenan mengikutinya, saya usulkan agar jalan-jalan ke tempat resort diperlebar dan kualitasnya di-upgrade. Mungkin dana APBD masih tersedia untuk tujuan tersebut, karena dengan demikian Pak Bupati, turut mempromosikan pariwisata Sumba Barat, yang menyedot perhatian wisatawan asing (wisman) yang berlibur ke sana," harap OC Kaligis sebagaimana tertuang dalam catatannya, Senin (16/5/2022).

Selengkapnya harapan dan permintaan OC Kaligis demi mendunianya Nihi Sumba:
Pak Sandiago Uno, sekedar sebagai tambahan pengetahuan saya mengenai dunia parawisata Indonesia, yang mungkin lebih dipahami oleh Pak Menteri,
Nihi Sumba, The Paradise of the World; 1. Terus terang, saya harus mengakui bahwa dalam dunia parawisata, saya tergolong manusia “Tellme” yang saya artikan sebagai seorang yang telat mikir; 2. Pertama kali saya mendengar nama ini, ketika asisten property saya saudara Liza, yang mengurus rumah-rumah saya di Denpasar dan sebuah hotel yoga saya, hotel kecil dan sederhana di Ubud menjelaskan kepada saya bahwa hotel Nihi di Sumba adalah hotel yang sangat terkenal.

3. Biasanya yang saya dengar tentu sebagaimana lazimnya setiap orang Indonesia, adalah Bali, Kuta atau Seminyak; 4. Sayangnya Denpasar sekarang telah dirubah keaslian wajahnya dengan toko-toko ala Barat, Pantai Kuta bukan lagi tempat berjemur bagi wisatawan asing, karena padatnya pengunjung, dan para pencari nafkah di sana; 5. Ketika pada tahun 80 puluhan, saya menginap di hotel Oberoi Seminyak, masih banyak pelancong asing, menikmati hangatnya sang surya, tanpa busana. Sayangnya di hari ini, hampir setiap jengkal tanah baik di Kuta, Legian maupun Seminyak, telah dipadati tempat usaha.

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik Lagu Indonesia Pusaka

Selasa, 9 Agustus 2022 | 10:25 WIB

Indonesia Jaya - Liliana Tanoesoedibyo

Selasa, 9 Agustus 2022 | 10:24 WIB

Indonesia Jaya - Liliana Tanoesoedibyo

Selasa, 9 Agustus 2022 | 08:21 WIB

Lirik Lagu Indonesia Jaya - Chaken M

Selasa, 9 Agustus 2022 | 06:25 WIB

Dirgahayu Indonesia - Husein Mutahar

Selasa, 9 Agustus 2022 | 06:24 WIB

Resep Asinan Buah Bikin Nagih ala Rudy Choirudin

Senin, 8 Agustus 2022 | 13:08 WIB

Lirik Lagu Ayah - Rinto Harahap

Senin, 8 Agustus 2022 | 05:16 WIB

Lirik Lagu Inang - Charles Hutagalung

Minggu, 7 Agustus 2022 | 07:54 WIB

Lirik Lagu Berkibarlah Bendera Negeriku - Gombloh

Minggu, 7 Agustus 2022 | 06:56 WIB

Lirik Lagu Syukur - Husein Mutahar

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 09:05 WIB

Lirik Lagu Sepasang Mata Bola - Ismail Marsuki

Kamis, 4 Agustus 2022 | 21:36 WIB
X