• Sabtu, 20 Agustus 2022

Resep Memasak Rendang Padang Yang Nikmat, Ini Caranya!

- Selasa, 17 Mei 2022 | 06:52 WIB
Rendang Padang (Ist)
Rendang Padang (Ist)

SUARAKARYA.ID: Hampir semua kita suka dengan yang namanya rendang padang. Meski begitu, adakalanya masakan rendang padang meski resepnya sama bisa jadi hasilnya beda tergantung yang masaknya.

Jika rendang padang dibuat orang Jawa, kita akan merasakan rendang dengan rasa agak manis. Karena itu memasak rendang padang butuh kesabaran. Rendang yang lebih gelap biasanya akan terasa lebih nikmat dan original ketimbang yang masih coklat.

Dalam memasak rendang padang ada beberapa bumbu wajib yang tidak boleh terlewatkan saat memasak rendang padang. Bumbu wajib itu antara lain bawang merah, bawang putih, jahe, laos, cabe merah, daun kunyit, daun jeruk dan rempah-rempah seperti kemiri, ketumbar, kayu manis, pala, cengkeh, kapulaga hingga asam.

Baca Juga: Anies Pastikan Kualitas Masakan Dapur Kurban Standar Hotel Bintang Lima

Baca Juga: Para Bapak Demo Masak Kuliner Bandeng, Menarik Perhatian Menteri Kelautan Dan Perikanan Sakti Trenggono

Ada beberapa bumbu wajib yang tak boleh terlewat saat membuat rendang. Bumbu-bumbu rendang ini adalah bawang putih, bawang merah, jahe, laos, cabai merah, daun kunyit, daun jeruk dan juga rempah seperti kemiri, ketumbar, kapulaga, kayu manis, pala, cengkeh hingga asam kandis.

Selain bumbu-bumbu tadi, santan kelapa juga penting dan menentukan kenikmatan rendang padang. Santan yang dimasak lama dapat menghasilkan minyak. Hal ini akan membuat rendang lebih kering sehingga bisa disimpan lebih lama. Biasanya 1kg daging membutuhkan 3 butir kelapa untuk dibuat santan.

Selain bumbu, santan juga menentukan kenikmatan dari resep rendang sapi khas Padang. Santan yang dimasak lama dapat menghasilkan minyak sehingga rendang akan kering dan bisa disimpan lama. Dalam 1 kg daging menggunakan santan dari 3 butir kelapa.

Rendang sendiri berasal dari kata 'marandang' yaitu proses memasak untuk menghilangkan air. Untuk itu, proses masak rendang asli Minang atau Padang ini membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam hingga daging menjadi kering, minyak naik dan tak ada lagi kandungan air

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resep Gado Gado Mantap Ala Chef Yongki Gunawan

Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:06 WIB

Resep Asinan Buah Bikin Nagih ala Rudy Choirudin

Senin, 8 Agustus 2022 | 13:08 WIB

Resep Soto Padang Berkuah

Kamis, 4 Agustus 2022 | 04:52 WIB

Ini Resep Bubur Ayam dengan Rasa Maknyus

Rabu, 27 Juli 2022 | 09:28 WIB
X