• Minggu, 14 Agustus 2022

Baznas Pusat Bantu Korban Banjir Di Sukabumi

- Selasa, 22 September 2020 | 11:14 WIB
Tim BTB membantu warga korban banjir di Cicurug, Sukabumi, Selasa (22/9/2020).
Tim BTB membantu warga korban banjir di Cicurug, Sukabumi, Selasa (22/9/2020).

JAKARTA: Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pusat membantu warga yang terdampak banjir bandang di Kampung Cibuntu RT 004/04 Desa Pasawahan Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Banjir yang bermula dari hujan dengan intensitas tinggi di Kecamatan Cicurug Senin (21/9/2020) sore tersebut, membuat Sungai Citarik-Cipeuncit meluap hingga mengakibatkan sejumlah rumah, pabrik roti, penggilingan padi serta kendaran terbawa arus.

Tim Baznas Tanggap Bencana (BTB) menurunkan 11 personel yang merupakan gabungan dari Baznas Tanggap Bencana Pusat, Baznas Tanggap Bencana Provinsi Jawa Barat, Baznas Tanggap Bencana Sukabumi, Baznas Tanggap Bencana Kota Bogor, dan satu relawan.

Seluruh tim bekerja dengan menggunakan masker dan menaati protokol Covid-19.

Kepala Baznas Tanggap Bencana Pusat, Dian Aditya Mandana Putri mengatakan tim yang turun ke lapangan juga langsung membawa bantuan logistik seperti selimut, alas tidur, susu, biskuit untuk didistribusikan kepada para pengungsi.

“Mendapat informasi banjir, pada Senin sore, tim Baznas Tanggap Bencana dari Pos Komando Utama Gedung Baznas Tebet langsung menuju Cicurug Sukabumi untuk memberikan dukungan bantuan kepada para warga terdampak banjir,” ujar Dian dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa (22/9/2020).

Ia menambahkan setibanya di lokasi tim Baznas Tanggap Bencana langsung melakukan koordinasi dengan pihak terkait seperti BPBD, TNI, dan juga Polri untuk pembagian tugas dalam upaya membantu para korban.

Selain itu, tim juga melakukan assessment ke beberapa lokasi yang terdampak banjir bandang untuk melakukan pendataan, kebutuhan apa yang sangat mendesak dibutuhkan warga pasca banjir.

“Assessment dari Baznas ini sebagai upaya memberikan dukungan ke beberapa titik-titik pengungsian agar para pengungsi yang membutuhkan bantuan dapat segera tertangani kebutuhannya,”ucapnya.

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa SH

Terkini

X