• Jumat, 7 Oktober 2022

Demo GMMI Tuntut Kemenag Desak MUI Serahkan Sertifikasi Halal Ke BPJPH

- Rabu, 2 September 2020 | 17:22 WIB
GMMI berunjuk rasa menuntut MUI transparan tentang anggaran sertifikasi halal
GMMI berunjuk rasa menuntut MUI transparan tentang anggaran sertifikasi halal

JAKARTA: Gerakan Muda Muslimin Indonesia (GMMI), Rabu (2/9/2020), untuk kedua kalinya menggelar unjuk rasa di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat menuntut MUI transparan tentang anggaran sertifikasi halal. Unjuk rasa sejumlah pemuda yang tergabung dalam GMMI itu juga mendukung penuh Kemenag RI mengambil alih kewenangan sertifikasi halal. 

Para pengunjuk rasa dalam aksinya di Jl Proklamasi No. 51, Menteng Jakarta Pusat, membentangkan sejumlah spanduk agar MUI transparan terkait anggaran sertifikasi halal. Aksi yang digelar pada pukul 10.42 WIB ini juga membawa alat peraga mobil sound sistem dan pemasangan spanduk di depan kantor MUI Pusat. Massa membakar satu ban mobil dan spanduk di pintu gerbang kantor MUI. Aksi tersebut sempat membuat Jl Proklamasi arah Jatinegara tersendat.

Koordinator GMMI M Daud Loilatu mengatakan, mengemukakan, aksi yang digelar GMMI di MUI ini sudah kali keduanya. Sebelumnya, demo dilakukan, Kamis (27/8/2020). Dalam demo kedua ini, massa GMMI tidak bisa menemui pengurus MUI mengingat saat ini sedang WFH dan sebelumnya tidak ada pemberitahuan terkait aksi tersebut.

Daud Loilatu mengatakan, aksi yang dilakukanya merupakan kelanjutan dari perjuangan para seniornya tentang setifikasi halal . Sebelumnya, Haris Pertama sebagai ketua DPP KMPI telah  berbicara sertifikasi halal disebuah media online pada tanggal 8 Agustus 2020.

"Aksi ini guna mendesak MUI untuk transparan terkait anggaran sertifikasi halal dan mendukung penuh Kemenag RI mengambil alih kewenangan sertifikasi halal," tandasnya. ***

Editor: Gungde Ariwangsa SH

Terkini

Diresmikan Relokasi Tugu 66 di Taman Menteng

Kamis, 6 Oktober 2022 | 10:06 WIB

Tragedi Kanjuruhan, Kapolda Jawa Timur Minta Maaf

Selasa, 4 Oktober 2022 | 18:31 WIB
X