• Jumat, 9 Desember 2022

Festival 7 Sungai Mengangkat Kearifan Lokal Potensi Wisata Subang

- Senin, 20 Desember 2021 | 08:44 WIB

SUBANG: Desa Wisata Cibuluh memiliki potensi wisata alam yang memikat, dari mulai alam pegunungan, air terjun hingga muara sungai dari 7 aliran sungai.

Untuk menarik minat wisatawan sekaligus mensyukuri alam yang diberikan Tuhan YME, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Cibuluh, Kec Tanjung Siang menggelar atraksi wisata Festival 7 Sungai, yang berlangsung Sabtu (18/12/2021) dan Minggu (19/12/2021).

Tahun ini menjadi tahun ke 6 penyelenggaraan Festival 7 Sungai. Festival ini merupakan atraksi wisata yang menarik diambil dari budaya masyarakat setempat dalam mencari nafkah, seperti bertani dan mencari ikan. 

Dalam rangkaian Festival 7 Sungai ditampilkan berbagai kesenian dan budaya untuk menarik wisatawan. Diantara yang menarik dari rangkaian Festival 7 Sungai adalah bagaimana cara masyarakat setempat dalam menangkap ikan. Dipusatkan di sungai Cipunegara acara Festival ini berlangsung seru, meriah namun juga tetap hidmat.

"Di acara ini wisatawan diperkenalkan dengan budaya sungai, budaya bercocok tanam, budaya kesenian, dan permainan tradisional yang biasa dilakukan oleh masyarakat desa. Kali ini wisatawan disuguhkan dengan atraksi menangkap ikan," ujar Mang Udan, Kordinator Pokdarwis Kec Tanjung Siang, Subang.

Menurut Mang Udan, sebenarnya ada banyak alat dan cara dalam menangkap ikan di masyarakat desa Cibuluh. Pada Festival 7 Sungai ini ditampilkan 2 cara menangkap ikan, yakni ngecrek dan ngeprok. 

Ngecrek adalah dengan cara melempar-lempar jaring ikan sementara ngeprok memukul-mukul air sungai dengan bambu agar ikan berkumpul dan lari kedalam perangkap yang terbuat dari bambu atau disebut bubu.

Menurut Mang Udan, Festival 7 Sungai juga digelar untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap lingkungan. "Dengan festival ini kami berharap akan tumbuh kesadaran masyarakat untuk menjaga sungai kita agar tidak kotor dan tercemar, tidak ada sampah maupun limbah," ujar Mang Udan.

Sementara Bambang Subarnas dari Bale Budaya Bandung, yang juga penggagasan Festival 7 Sungai ini mengatakan pandemi yang mewabah sejak Maret 2020 di Indonesia, telah mempengaruhi seluruh aspek 
kehidupan. Desa Wisata Cibuluh juga merupakan salah satu desa terdampak. Sektor pariwisata Desa 
Cibuluh yang dibangun sejak 7 tahun lalu, mengalami kelesuan. 

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa SH

Terkini

Kegiatan di Alam Bebas, Bukan Hanya Milik Kaum Muda

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 21:36 WIB

Bali Siap Sambut Puluhan Negara Peserta Kongres DWP

Jumat, 26 Agustus 2022 | 16:48 WIB

Wisata Alam Malang, Coban Rondo

Selasa, 23 Agustus 2022 | 16:55 WIB
X