• Minggu, 3 Juli 2022

Ini Kiat Atasi Pengajuan Klaim Asuransi Mobil Agar Di Acc

- Senin, 27 September 2021 | 23:55 WIB

JAKARTA: Bagi setiap pemilik kendaraan, baik itu sepeda motor atau mobil, membeli produk keuangan berupa asuransi seharusnya bisa membuat beban pikiran menjadi lebih ringan. Khususnya mobil yang umumnya memiliki harga beli mahal dan tergolong sebagai barang mewah.

Dengan produk keuangan tersebut, Anda tidak akan terlalu merasa khawatir dengan biaya perbaikan saat terjadi kecelakaan atau risiko kehilangan. Pasalnya, pihak asuransi mobil dapat memberikan pertanggungan berupa ganti rugi sesuai dengan polis dari asuransi mobil yang Anda miliki.

Mengenai pengajuan klaim asuransi mobil, setiap perusahaan atau penyedia layanan tersebut mungkin memiliki prosedur yang berbeda-beda. Namun, secara umum, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perlu ketahui agar pengajuan klaim asuransi mobil tak sampai berakhir dengan penolakan.

Untuk lebih jelasnya, simak 3 tips meningkatkan potensi diterimanya pengajuan klaim asuransi mobil berikut ini.

Pastikan Untuk Melengkapi Seluruh Dokumen Yang Diminta

Sebelum mengajukan klaim pada asuransi mobil, hal pertama yang perlu Anda persiapkan adalah memastikan kelengkapan berkas dan dokumen yang dibutuhkan. Beberapa dokumen yang wajib dilampirkan saat pengajuan klaim asuransi mobil adalah SIM, STNK, formulir pengajuan klaim, dan juga polis asuransinya.

Namun, tidak semua perusahaan atau daftar penyedia asuransi mobil memiliki kebijakan yang sama terkait dokumen apa saja yang harus disiapkan oleh nasabahnya yang ingin mengajukan klaim. Jadi, Anda tetap perlu memerhatikan aturan dan kebijakan dari penyedia asuransi mobil yang dimiliki.

Di sisi lain, pastikan pula bahwa setiap dokumen tersebut masih aktif. Sebab, jika dokumen seperti SIM dan STNK ternyata sudah mati atau tidak aktif, biasanya pihak asuransi mobil tidak akan menyetujui pengajuan klaim tersebut, terlebih lagi jika pengendara tidak memiliki SIM.

Cek Jenis Kerusakan Atau Kejadian Yang Dijamin Oleh Produk Asuransi

Halaman:

Editor: AG. Sofyan

Terkini

X