• Minggu, 5 Februari 2023

Menpora Zainudin Amali Temukan 2 Hal Menarik Saat Jadi Penguji Promosi Doktor Budi Ariyanto Muslim di UNJ

- Kamis, 19 Januari 2023 | 21:43 WIB
Budi Ariyanto Muslim (tengah) berfoto bersama para penguji termasuk Menpora Zainudin Amali usai dinyatakan lulus dengan pujian meraih gelar doktor pada Ujian Terbuka Promosi Doktor di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Kamis (19/1/2023) (Gungde Ariwangsa)
Budi Ariyanto Muslim (tengah) berfoto bersama para penguji termasuk Menpora Zainudin Amali usai dinyatakan lulus dengan pujian meraih gelar doktor pada Ujian Terbuka Promosi Doktor di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Kamis (19/1/2023) (Gungde Ariwangsa)

SUARAKARYA.ID: Menteri Pemuda Dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menemukan hal menarik saat menjadi penguji Ujian Terbuka Promosi Doktor Budi Ariyanto Muslim di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Kamis (19/1/2023).

Pada ujian promosi Doktor Budi Ariyanto Muslim di Aula Sidang Bung Hatta itu, Menpora Zainudin Amali menjadi salah satu Anggota Dewan Penguji Eksternal.

Bertindak sebagai Ketua Dewan Penguji adalah Direktur Pasca UNJ Prof Dr Dedi Purwana ESMBus, dengan Rektor UNJ Prof  Dr Komarudin, MSi sebagai  salah satu Anggota Dewan Penguji Internal.

Promovendus Budi Ariyanto Muslim, menyampaikan Disertasi "Evaluasi Program Pembinaan Sekolah Sepak Bola (SSB) Piala Menpora U-12 Tahun 2019, Studi Evaluasi Liga Sepak Bola Berjenjang Berbasis Database.

Baca Juga: Menpora Ditugaskan Presiden Mengurai Benang Kusut Liga 2, Tapi Bukan Untuk Intervensi

Dari disertasi itu Menpora Zainudi Amali melihat pentingnya tata kelola organisasi dan pembinaan usia dini sepak bola sebagai dua hal yang menarik.

"Dari disertasi atau hasil penelitian Dr Budi Ariyanto Muslim ini dua hal yang saya lihat. Pertama, tata kelola atau manajemen itu menjadi hal yang sangat penting untuk pengelolaan organisasi, bukan hanya di organisasi sepak bola tetapi organisasi apa saja. Dan yang kedua adalah konsentrasi kita untuk pembinaan usia dini, itu penting sebab kita tidak bisa berharap sukses langsung di atas sementara di pembinaan usia dini kita lemah," kata Menpora Amali.

Saat mendapat kesempatan pertama mempertajam dan menggali disertasi, Amali mempertanyakan novelty atau unsur kebaruan atau temuan dari sebuah penelitian kepada Budi Ariyanto Muslim. Penelitian dikatakan baik jika menemukan unsur temuan baru sehingga memiliki kontribusi baik bagi keilmuan maupun bagi kehidupan ke depan.

Menjawab pertanyaan Menpora Amali itu Budi Ariyanto Muslimmenjelaskan bahwa keluaran aplikasi SSBI (Sekolah Sepak Bola Indonesia) berbasis Data Base merupakan hal yang baru.

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Sumber: Gungde Ariwangsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nasdem Sambangi Golkar, Bahas Apa ?

Rabu, 1 Februari 2023 | 12:20 WIB

Tuan Guru Kocak ini Pimpin DPD Bamusi NTB

Selasa, 24 Januari 2023 | 18:59 WIB
X