• Minggu, 5 Februari 2023

Kabar Kepulauan Widi Maluku Utara Dijual ke Asing TNI Bertindak

- Kamis, 8 Desember 2022 | 22:37 WIB
Kabar Kepulauan Widi Dijual ke Asing TNI Bertindak
Kabar Kepulauan Widi Dijual ke Asing TNI Bertindak

SUARAKARYA.ID: Kabar 100 pulau di Indonesia termasuk kepulauan Widi Provinsi Maluku Utara dilelang di AS bikin TNI bertindak tegas.

Kabar  tersebut dipopulerkan oleh Dr. Rizal Ramli bahwa terdapat 100 pulau di Maluku dilelang Pemiliknya di Amerika Serikat (AS).

Kabar ini  membuat warga Maluku. Termasuk mantan Menteri Perikanan Susi Pujiastuti  angkat bicara. Mempertanyakan kebenaran berita itu.

Baca Juga: Edukasi Terkait Ular dan Gigitannya

TNI AD melalui Komando Distrik Militer (Kodim) 1509/Labuha mengerahkan prajurit mengibarkan bendera merah putih di Kepulauan Widi.

Aksi ini untuk menegaskan Kepulauan Widi adalah bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dandim 1509/Labuha Letkol Kav Romy Parnigotan Sitompul mengatakan aksi pengibaran bendera itu untuk kembali menegaskan bahwa Kepulauan Widi tidak diperjualbelikan.

Baca Juga: Lirik Lagu Pambasuah Luko - Ernawati

"Seperti kita ketahui salah satu situs asing menempatkan Kepulauan Widi yang akan dijual," kata Romy seperti dilansir dari pernyataan Rizal  Ramli  pekan lalu.

Hal tersebut disampaikan Romy terkait maraknya informasi bahwa Pulau Widi akan dilelang di salah satu situs Sotheby's Concierge Auctions Amerika Serikat.

Menurut dia, Kepulauan Widi berada di wilayah Konservasi Terumbu karang, bakau dan ikan sesuai Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 102/KEPMEN-KP/2020.

Baca Juga: Lirik Lagu Pambasuah Luko - Ernawati

Kepulauan Widi masuk wilayah administratif Kecamatan Gane Timur, Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara.

Letkol Romy mengatakan pasukan TNI AD dari Kodim 1509/Labuha yang dikerahkan berkekuatan satu SST yang dikomandoi oleh Danramil 1509-04/Maffa Letda Inf Samuel Anu.

Pasukan yang dikerahkan melakukan pengibaran Bendera Merah putih, serta mengecat beberapa rumah berwarna merah dan putih selaras dengan warna bendera Republik Indonesia.

Baca Juga: Lirik Lagu Hujanlah Turun Pulo

Romy mengatakan, aksi di Kepulauan Widi ini dilakukan sebagai tanda bahwa TNI AD tidak main-main dengan kedaulatan negara.

Karena  setiap jengkal tanah milik Indonesia akan tetap selamanya milik Indonesia.

Romy menegaskan, seusai dengan undang-undang yang berlaku sudah menjelaskan bahwa wilayah Indonesia tidak bisa diperjualbelikan. Dan hanya bisa untuk dikelola secara berkala dan berizin resmi.

Baca Juga: Pelaku Bom Bunuh Diri di Mapolsek Astana Anyar Anggota JAD Jawa Barat

"Kami dari TNI AD, khususnya Kodim 1509/Labuha akan mengamankan Aset Milik Negara dan perlu kita turun tangan karena ini masalah kedaulatan negara, kita berharap tidak lagi terjadi hal hal seperti ini," ujarnya. ***

Sumber: Istimewa

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nasdem Sambangi Golkar, Bahas Apa ?

Rabu, 1 Februari 2023 | 12:20 WIB

Tuan Guru Kocak ini Pimpin DPD Bamusi NTB

Selasa, 24 Januari 2023 | 18:59 WIB
X