Batu Kumbung Lombok Barat Miniatur Taman Sari Toleransi Keberagaman Umat Beragama

- Rabu, 23 November 2022 | 14:22 WIB
Anggota DPR RI Dapil Pulau Lombok H Rachmat Hidayat Sosialisai 4 pilar kebangsaan di Batu Kumbung, Lombok Barat. (Suara Karya/Istimewa)
Anggota DPR RI Dapil Pulau Lombok H Rachmat Hidayat Sosialisai 4 pilar kebangsaan di Batu Kumbung, Lombok Barat. (Suara Karya/Istimewa)

 SUARAKARYA.ID:  Anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan H Rachmat Hidayat tak henti-hentinya menggelar sosialisasi 4 pilar MPR RI berbangsa dan bernegara. 

Kali ini, tokoh kharismatik Bumi Gora itu menggelar sosialisasi 4 pilar kebangsaan di Desa Batu Kumbung, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat pada Jumat siang, (18/11/2022) lalu di Kantor Desa Batu Kumbung

Rachmat Hidayat menyematkan predikat khusus kepada Desa Batu Kumbung. Ia menyebut Desa Batu Kumbung sebagai "Miniatur Taman Sari Toleransi Keberagaman Umat Beragama". 

Baca Juga: Ini Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Ala Rachmat Hidayat

Bagaimana tidak, Desa Batu Kumbung kata Rachmat layak masuk menjadi teladan toleransi dunia, karena telah memberikan contoh toleransi yang baik antar umat beragama.

Baca Juga: Salatiga Resmi Dicanangkan Sebagai Kota Empat Pilar Dan Kota Vanili 

Desa Batu Kumbung dihuni oleh dua mayoritas agama yakni agama islam dan hindu. Kedua eskponen masyarakat ini selama puluhan tahun telah hidup berdampingan. Tak pernah terjadi konflik yang sifatnya terbuka.

Baca Juga: Diskusi Empat Pilar MPR Bahas Potensi Adanya Isu SARA Dalam PEMILU 

Di desa tesebut juga terdapat dusun yang diplot sebagai "Kampung Toleransi" yakni Dusun Tragtag. Di harmonisasi dua suku yaitu Suku Bali dan Suku Sasak yang hidup rukun berdampingan. 

Hal itu dinilai Rachmat sebagai bentuk konkret pengimplementasian nilai-nilai pancasila. 

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tuan Guru Kocak ini Pimpin DPD Bamusi NTB

Selasa, 24 Januari 2023 | 18:59 WIB
X