Hipakad Terus Dukung Pemerintahan Jokowi Saat Atasi Ancaman Resesi: Bersatu Padu dan Percaya Kekuatan Bangsa

- Selasa, 1 November 2022 | 19:02 WIB
Ketua Umum DPP Hipakad Hariara Tambunan didampingi Ketua DPD Hipakad Jatim HM. Mujiono dan Sekretaris Sri Wahyuni Handayani meminta jajaran DPD dan DPC se-Provinsi Jawa Timur tetap solid dan kuat untuk terus mengawal agenda-agenda penting Pemerintahan Presiden Joko Widodo hingga 2024 (AG Sofyan)
Ketua Umum DPP Hipakad Hariara Tambunan didampingi Ketua DPD Hipakad Jatim HM. Mujiono dan Sekretaris Sri Wahyuni Handayani meminta jajaran DPD dan DPC se-Provinsi Jawa Timur tetap solid dan kuat untuk terus mengawal agenda-agenda penting Pemerintahan Presiden Joko Widodo hingga 2024 (AG Sofyan)
 
SUARAKARYA.ID:  Ketua Umum DPP Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat (Hipakad) Hariara Tambunan, SE, SH.MM.MH  meminta jajaran Dewan Pengurus Daerah (DPD) Hipakad dan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Provinsi Jawa Timur solid dan kuat untuk terus mengawal agenda-agenda penting Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Maruf Amin hingga akhir masa baktinya di 2024. Termasuk mensukseskan perhelatan akbar politk nasional yakni Pemilu serentak 2024.
 
Demikian arahan dan petunjuk yang disampaikan Ketum Hipakad Hariara Tambunan melalui video conference dalam Rapat Konsolidasi Kepengurusan DPD dan DPC Hipakad Jawa Timur.
 
 
Rapat Konsolidasi Kepengurusan DPD dan DPC Hipakad Jawa Timur digelar di Surabaya pada Senin (31/10/2022).
 
Di lokasi Rapat Konsolidasi Kepengurusan DPD dan DPC Hipakad Jawa Timur dihadiri langsung Ketua DPD Hipakad Provinsi Jawa Timur H.M Mujiono, S.IP.M.Pd dan Sekretaris DPD Hipakad Jawa Timur Sri Wahyuni Handayani, unsur Pimpinan DPP dan DPD Hipakad serta  DPC Hipakad se-Jawa Timur 
 
 
Dalam giat tersebut, Hariara memberikan pengarahan dan sosialisasi tentang keamanan dan ketertiban dalam menghadapi tahun politik 2024.
 
"Hipakad siap menyukseskan Pemilu 2024 dengan membantu program pemerintah menghadapi tahun politik ini, khususnya di bidang keamanan," ungkap Hariara kepada suarakarya.id  dalam sambungan telepon di Jakarta, Senin (31/10/2022)
 
Ketum Hariara menegaskan pemilu 2024 harus jujur dan adil (jurdil) dan perlu partisipasi aktif dari seluruh warga negara, demi berjalannya suksesi kepemimpinan nasional dengan mulus dan tanpa pertentangan, permusuhan, apalagi pergolakan bahkan sampai perpecahan yang justru mengacaukan keamanan negara dan mengganggu stabilitas negara.
 
 
"Hipakad juga terus mendukung Pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta para Menteri Kabinet Indonesia Maju dalam menjalankan roda pemerintahan di tahun politik ini. Organisasi kami juga mendukung upaya-upaya dari kabinet, agar
Indonesia tidak masuk jurang resesi," ungkapnya.
 
"Saat ini berbagai pihak sudah membicarakan soal resesi yang telah melanda dunia dan akan berimbas ke Indonesia. Namun Kami akan berusaha melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar tetap tenang dan  jangan hilang kepercayaan kepada kekuatan negeri kita dalam menghadapi resesi ini.
Saya sepenuhnya percaya rakyat dan bangsa ini kuat dan tangguh melewati setiap tantangan dan bahkan ancaman karena kekuatan Pancasila. Kalau kita selalu berpegang teguh kepada Pancasila dan menjaga NKRI kita akan kuat dan tangguh melewati badai," imbuhnya.
 
 
Hariara Tambunan sepakat dengan arahan Presiden Jokowi yang mengharapkan supaya kita kerjanya sebagai teamwork bukan jalan sendiri-sendiri tanpa koordinasi satu sama lainnya.
 
"Bangsa ini bisa besar dan kuat karena saling bahu membahu, tolong menolong dan selalu bergotong royong. Jangan saling menjelek-jelekkan karena itu melemahkan kita. Kita harus bisa belajar sejarah. Jangan lupakan sejarah (Jasmerah). Jangan mau kita dipecah belah saat imperalis kuasai negeri ini. Tapi kita pun jangan merasa jumawa saat kita lebih bisa mengatasi masalah bangsa," jelas putra Purnawirawan TNI, Alm Letda TNI AD Fritz Tambunan ini.
 
 
Sebelumnya, pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyoroti potensi resesi yang semakin terlihat di tengah ketidakpastian ekonomi global. Salah satunya, disebabkan konflik antara Rusia dan Ukraina, serta pandemi covid-19 yang belum 
berakhir.
 
Pemerintah mengatakan meski ekonomi Indonesia dinilai kuat, namun tidak menutup kemungkinan akan mengalami 
resesi pada tahun depan. 
 
Dikutip dari laman resmi Kemenko Perekonomian, pada Juli 2022 IMF merevisi proyeksi ekonomi global dari 3,6% menjadi 3,2%. Akan tetapi, proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia dianggap masih tinggi dengan angka 5,3%.
 
 
Kinerja IHSG juga tercatat cukup baik di tengah tekanan global dan pelemahan indeks saham global.  Pada 10 Oktober 2022, IHSG mencatat return 6% (ytd) di posisi 6.982,5.
 
Meski kondisi makro belum sepenuhnya aman, Tokoh Pemuda Bangsa ini mendukung pernyataan Menko Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan yang tetap optimis atas kemampuan ekonomi Indonesia, dan masih bisa fight di tengah resesi dunia.
 
"Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki pondasi ekonomi yang kuat. Tapi sekuat-kuatnya kita kalau semua negara ekonominya ikut runtuh maka kita pun tidak bisa berdiri sendiri. Kita tetap harus siap menghadapi ancaman ini. Kita semua bersatu padu dan saling menguatkan," tegas Hariara.
 
 
Seperti diberitakan, Presiden Joko Widodo sudah membicarakan soal ancaman resesi dalam rapat paripurna kabinet. Jokowi juga sudah mengarahkan jajarannya untuk mempersiapkan segala risiko dan mitigasi terkait resesi ekonomi.
 
Hariara yang juga politisi senior Golkar ini setuju dengan pandangan Presiden Jokowi yang menegaskan, Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya. Sehingga, ia menilai Indonesia mampu menghadapi ancaman resesi ekonomi global.
 
 
"Sangat beda kita (Indonesia -red) dengan negara lain yang tidak punya energi atau minim energinya. Jadi sebagai bangsa yang besar kita harus optimis. Kalau ada masalah ya kita hadapi bersama, InsyaAllah akan ada solusi," tegas Hariara.
 
Sementara itu, Ketua DPD Hipakad Jawa Timur H.M Mujiono juga menyatakan kebulatan tekadnya untuk tetap tegak lurus kepada Pimpinan TNI AD dan tentunya Pimpinan DPP Hipakad agar tetap mendukung kebijakan Pemerintahan Joko Widodo, ikut mengawal dan menjaga NKRI.
 
 
Termasuk dalam perhelatan akbar dunia pada Forum G20 di Provinsi Bali, Hipakad siap mensukseskan mulai dari tahap persiapan hingga pelaksanaan nanti di November 2022 ini.
 
Sekretaris DPD Hipakad Jawa Timur Sri Wahyuni Handayani menyatakan meski jajaran Hipakad yang dia pimpin bersama Ketua Mujiono ada di Jawa Timur, namun karena secara geografis letaknya berdekatan dengan Pulau Dewata, tetap akan mensukseskan kegiatan G20 dari dukungan sosialisasi kepada putra-putri TNI AD lainnya hingga siap melaksanakan bantuan dukungan personel Hipakad jika diminta induk kita Mabes TNI AD. ***
 
 

Editor: Markon Piliang

Sumber: Liputan langsung narasumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tuan Guru Kocak ini Pimpin DPD Bamusi NTB

Selasa, 24 Januari 2023 | 18:59 WIB
X