• Selasa, 7 Februari 2023

Ini Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Ala Rachmat Hidayat

- Selasa, 25 Oktober 2022 | 08:36 WIB
Anggota DPR RI Dapil Pulau Lombok H Rachmat Hidayat (dua dari kiri) sosialisasi empar kebangsaan di Lombok Timur. (Suara Karya/Istimewa)
Anggota DPR RI Dapil Pulau Lombok H Rachmat Hidayat (dua dari kiri) sosialisasi empar kebangsaan di Lombok Timur. (Suara Karya/Istimewa)

SUARAKARYA.ID: Angggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan H Rachmat Hidayat kembali menyosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan, Senin (24/10/2022), di Lombok Timur. Sosialiasi tersebut bagian dari upaya nyata untuk terus memberi pemahaman kepada publik tentang pentingnya Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Empat pilar ini sangat penting. Karena ini modal kita hidup, berbangsa, dan bernegara,” tandas Anggota Komisi VIII DPR RI ini.

Rachmat menegaskan, Pancasila adalah ideologi dan dasar negara. UUD 1945 adalah konstitusi negara. NKRI sebagai bentuk negara. Dan Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan negara.

Baca Juga: Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Pulau Seribu Masjid

Tokoh kharismatik Bumi Gora ini menekankan, Pancasila merupakan suatu ajaran yang sangat lengkap. Di dalamnya terkandung falsafah bagaimana masyarakat Indonesia beragama, berbangsa, dan bernegara.

Baca Juga: Salatiga Resmi Dicanangkan Sebagai Kota Empat Pilar Dan Kota Vanili

“Bagaimana hubungan kita dengan Tuhan, hubungan kita dengan alam semesta, dan hubungan kita dengan sesama manusia. Sudah sangat lengkap. Ini api pergerakan jiwa kita sebagai manusia. Semua sudah teratur dan tertata dalam Pancasila,” imbuh politisi senior kelahiran Lombok Timur ini.

Rachmat juga menyampaikan, dalam posisinya sebagai Anggota DPR RI yang sekaligus Anggota MPR RI, dirinya mengambil inisiatif untuk terus menggencarkan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan kepada masyarakat di Pulau Lombok. Rachmat menuturkan, tak ada negara lain di muka bumi yang memiliki dasar negara layaknya Pancasila seperti yang dimiliki Indonesia. Itu sebabnya, banyak negara kini melirik dan belajar tentang pentingnya fasafah negara ke Indonesia.

“Karena itu, Empat Pilar Kebangsaan perlu terus kita sosialisasikan. Apalagi, bangsa ini akan terus melahirkan generasi muda, yang kepada mereka perlu terus ditanamkan konsep berbangsa dan bernegara,” tandas Ketua DPD PDI Perjuangan NTB ini.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nasdem Sambangi Golkar, Bahas Apa ?

Rabu, 1 Februari 2023 | 12:20 WIB
X