• Senin, 28 November 2022

Erick Thohir Calon Wakil Presiden Paling Potensial Untuk 3 Capres Terkuat

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 18:38 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) saat bertemu penyanyi cilik Farel Prayoga (kanan).
Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) saat bertemu penyanyi cilik Farel Prayoga (kanan).

SUARAKARYA.ID: Nama Menteri BUMN RI Erick Thohir terus bertengger di urutan atas berbagai hasil survei capres cawapres 2024. Erick Thohir dinilai cocok berpasangan dengan tiga calon presiden (capres) terkuat saat ini, yakni Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, Ketum Pratai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago menyatakan Erick Thohir adalah kunci. Membuat dirinya menjadi calon wakil presiden yang potensial.

Yang kemudian membuat Erick Thohir menjadi penentu konstelasi pada pilpres 2024 mendatang. Untuk kemudian menunggu siapa yang akan meminang Erick Thohir sebagai wakilnya.

Baca Juga: Siap Sukseskan KTT G20, Ini Strategi PLN untuk Tingkatkan Keandalan Listrik di Bali

“Dalam konteks berpasangan dengan Ganjar, Prabowo Subianto, Anies tetap Erick Thohir adalah tokoh cawapres yang paling potensial dan bisa menjadi penentu peta Pilpres 2024,” tutur Pangi di Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Direktur Eksekutif Voxpol Research Center tersebut menjelaskan kunci yang dipegang Erick Thohir adalah elektabilitas tinggi dan kekuatan logistik dimiliki. Seperti diketahui, eks Presiden Inter Milan ini memiliki elektabilitas yang dapat menopang pasangannya di pilpres.

Sebagai contoh, berdasarkan data survei terbaru dari Indikator Politik Indonesia, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto selalu unggul dari pesaingnya ketika berpasangan dengan Erick Thohir. Bahkan duet Ganjar – Erick Thohir menang tiga simulasi dari empat. Sedangkan pasangan Prabowo baru bisa unggul dengan pesaingnya ketika dipasangkan dengan Erick Thohir.

Baca Juga: Menko Airlangga Harapkan Forum P20 Dapat Menyelesaikan Masalah Geopolitik dalam Menghadapi Krisi Global

“Pak Erick Thohir memiliki modal elektabilitas dan logistik, modal sebagai menteri BUMN ada, paling tidak itu modalnya. Itu yang saya sebut faktor kunci,” kata Pangi.***

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X