• Senin, 28 November 2022

Menko Airlangga Harapkan Forum P20 Dapat Menyelesaikan Masalah Geopolitik dalam Menghadapi Krisi Global

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 12:42 WIB
Menko Perekonomian Airlngga Hartarto berjalan beriringan dengan Ketua DPR RI Puan Maharani dalam acara pembukaan The 8th G20 Parliamentary Speakers’ Summit di Gedung Nusantara II DPR RI, Rabu (5/10/2022). (Kemenko Perekonomian)
Menko Perekonomian Airlngga Hartarto berjalan beriringan dengan Ketua DPR RI Puan Maharani dalam acara pembukaan The 8th G20 Parliamentary Speakers’ Summit di Gedung Nusantara II DPR RI, Rabu (5/10/2022). (Kemenko Perekonomian)

SUARAKARYA.ID: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengharapkan Forum Parliament 20 (P20) diharapkan dapat menyelesaikan masalah geopolitik dalam menghadapi krisis global yang sedang terjadi.

“Sebagian besar konteks dalam concrete deliverables yang dibahas pada pertemuan-pertemuan working group dan engagement group telah disepakati. Satu-satunya masalah yang masih ada adalah geopolitik. Oleh karena itu, pertemuan Parliament 20 (P20) diharapkan dapat menyelesaikan masalah geopolitik yang tersebut,” kata Menko Airlangga dalam pembukaan The 8th G20 Parliamentary Speakers’ Summit di Gedung Nusantara II DPR RI, Rabu (5/10/2022).

Acara pembukaan The 8th G20 Parliamentary Speakers’ Summit turut dihadiri diantaranya oleh Ketua DPR RI, Anggota DPR RI, dan sejumlah delegasi P20 dari berbagai negara.

Airlangga Hartarto menekankan bahwa krisis global yang sedang terjadi harus diatasi bersama-sama dengan semangat solidaritas agar tidak menimbulkan ego yang akan mempersulit negara-negara di dunia untuk bertahan menghadapi krisis global.

Baca Juga: Dua Kandidat Kuat Capres Airlangga Hartarto - Puan Maharani Diagendakan Bertemu Bahas Pilpres 2024 Pekan Depan

"Kita berkumpul di sini hari ini karena dunia telah berubah dengan cepat. Kita menyebutnya sebagai 'perfect storm', yaitu krisis multidimensi yang cepat. Seperti, tantangan keamanan, ekonomi, dan lingkungan ini telah menunda upaya kita untuk mempercepat pemulihan," tegas Menko Airlangga.

Presidensi G20 Indonesia sejak awal memulai serangkaian agendanya dengan semangat untuk pulih bersama. Indonesia mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger” untuk mengajak negara-negara G20 agar dapat pulih bersama dalam menghadapi krisis multidimensi akibat pandemi Covid-19. Semangat tersebut hingga kini semakin relevan ditengah tantangan global yang terjadi saat ini.

Terkait tantangan yang muncul akibat perubahan iklim, Menko Airlangga menyampaikan bahwa Indonesia mementingkan keseimbangan pertumbuhan ekonomi yang tetap memperhatikan aspek lingkungan. Indonesia telah melakukan transisi energi dengan berbagai upaya mulai dari co-firing PLTU dengan blue ammonia, carbon capture dan storage, serta financial model untuk untuk PLTU yang tidak efisien. Hal tersebut juga terkait dengan target untuk mencapai net zero emission (NZE) pada tahun 2060 atau lebih cepat.

“Transisi energi harus berkeadilan, berkelanjutan, dan afordable bagi masyarakat,” tegas Menko Airlangga.

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Sumber: ekon.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X