• Senin, 28 November 2022

Jadi Kunci Kemenangan Pilpres 2024, Erick Thohir Punya Berbagai Modal

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 18:43 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Humas PLN)
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Humas PLN)

SUARAKARYA.ID: Jelang pemilihan presiden dan wakil presiden, nama Erick Thohir terus disebut-sebut. Pasalnya, Menteri BUMN tersebut menduduki peringkat atas dari berbagai lembaga survei sebagai Cawapres dengan elektabilitas tertinggi.

Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago menilai Erick Thohir memilih modal sosial dan logisitik untuk mengatrol elektabilitas dalam kontestasi demokrasi mendatang.

“Pak Erick Thohir memiliki modal, memiliki elektabilitas dan logistik, modal sebagai menteri BUMN ada, paling tidak itu modalnya. Itu yang saya sebut faktor kunci,” tutur Pangi, Senin (3/10/2022).

Baca Juga: Kapolda Metro Jaya Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan kegiatan Parliamentary Speakers Summit

Secara elektabilitas, Erick Thohir terbukti mampu menopang ketika dipasangkan dengan kandidat calon presiden potensial seperti Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.

Berdasarkan hasil survei terbaru dari Indikator Politik Indonesia, duet Ganjar-Erick Thohir unggul dalam tiga simulasi tiga pasang kontestasi demokrasi.
Pada simulasi pertama pasangan kepala daerah dan menteri tersebut memperoleh elektabilitas sebesar 43.4 persen.

Elektabilitas tersebut meninggalkan pasangan Prabowo – Puan yang mendapatkan elektabilitas sebesar 29.4 persen dan Airlangga – Ridwan Kamil di 11.0 persen.

Baca Juga: Airlangga: Pendampingan Mitra UMKM Percepat Pengentasan Kemiskinan Ekstrem

Kemudian di simulasi ke dua, pasangan Ganjar – Erick Thohir kembali digdaya atas pasangan lain dengan elektabilitas sebesar 36.6 persen. Di bawahnya terdapat pasangan Prabowo – Cak Imin dengan elektabilitas 25.7 persen dan Anies – Khofifah 24.8 persen.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X