• Minggu, 4 Desember 2022

Erick Thohir Optimalkan Potensi Ekonomi Umat Agar RI Jadi Pemain Utama Industri Halal Dunia

- Minggu, 25 September 2022 | 19:10 WIB
Menteri BUMN, Erick Thohir.
Menteri BUMN, Erick Thohir.

SUARAKARYA.ID: Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan potensi ekonomi umat Islam Indonesia belum optimal. Namun, dia mengatakan Indonesia sudah berada di jalur yang tepat dalam mempersiapkan ekosistem ekonomi syariah.

Dia berkata Indonesia berpotensi menjadi pemain global terbesar dalam industri halal karena negara dengan populasi umat Islam terbesar di dunia.

“Namun perjuangan tersebut bukan hanya milik pemerintah, melainkan juga milik umat, seluruh umat Islam, dan segenap organisasi-organisasi Islam. Tak terkecuali Persis,” Erick saat menjadi pembicara kunci pada Muktamar XVI Persatuan Islam (Persis).

Baca Juga: Memasuki Usia ke-31 Perumda Paljaya Terus Berkomitmen Wujudkan Sanitasi Aman untuk Warga Jakarta

Erick menuturkan Persis dan seluruh organisasi Islam lainnya yang sejalan dengan semangat NKRI, harus lebih banyak terlibat dalam pembangunan bangsa dan negara sebagai penggerak semangat umat.

"Produksi ekspor produk halal kita masih kalah dibanding Amerika Serikat, Argentina, bahkan India. Secara umum, industri halal Indonesia telah menunjukkan kinerja bagus. Kita masuk dalam jajaran 4 besar, setelah Malaysia, Arab Saudi, dan UEA. Namun, potensi kita jauh lebih besar dibanding negara-negara tersebut. Jumlah penduduk muslim kita mencapai 231 juta penduduk," ungkap Erick Thohir.

Lebih lanjut, Erick mengungkapkan, tren ekonomi keumatan dan industri halal berbasis syariah, belum mencapai titik jenuh. Ruang untuk bertumbuh masih besar, bahkan untuk memimpin sektor industri halal dunia.

Baca Juga: Kasus Lukas Enembe Harus Tetap Jalan Sesuai Ketentuan Hukum Berlaku

“Saya sangat mengapresiasi Persis sebagai salah satu organisasi Islam tertua dan terbesar, yang turut ambil bagian dalam mendukung kebangkitan ekonomi umat," ujar Erick Thohir.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Komisi I DPR Dukung RKUHP Segera Tuntas

Senin, 28 November 2022 | 15:31 WIB
X