• Senin, 3 Oktober 2022

Di Munas-HUT Hipakad, Jenderal Luhut Ajak Anak-Anak TNI AD Jaga Persatuan dan Kesatuan untuk Indonesia Hebat

- Kamis, 22 September 2022 | 18:51 WIB
Jenderal Luhut Binsar Pandjaitan yang juga Menko  Marves di Munas dan HUT Hipakad, mengajak anak-anak TNI AD menjaga persatuan dan kesatuan untuk Indonesia Hebat  (AG Sofyan )
Jenderal Luhut Binsar Pandjaitan yang juga Menko Marves di Munas dan HUT Hipakad, mengajak anak-anak TNI AD menjaga persatuan dan kesatuan untuk Indonesia Hebat (AG Sofyan )
 
SUARAKARYA.ID: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI Luhut Binsar Pandjaitan mengajak seluruh pengurus dan anggota Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat (Hipakad)  untuk terus menjaga, mengawal, dan menjunjung tinggi semangat persatuan dan kesatuan di bumi Republik Indonesia yang tercinta ini.
 
"Jangan mau kita dipecah-pecah oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Jangan sampai anak-anak Hipakad lemah atas hasutan, narasi saling menebar kebencian dan mengoyak persatuan dan kesatuan anak-anak bangsa," ujar Jenderal TNI (HOR) (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A saat memberikan sambutan melalui video conference  di acara Munas Hipakad ke-1 Tahun 2022 di Sopo Del Office Tower & Lifestyle, Jakarta, Selasa (20/9/2022).
 
 
"Indonesia hebat. Indonesia akan lebih maju lagi ke depan dengan lompatan dan terobosan besar jika persatuan dan kesatuan terus terjaga," tegas Jenderal TNI AD ini. 
 
Munas ke-1 Hipakad sekaligus tasyakuran HUT ke 5 Tahun juga dihadiri para Pimpinan TNI dari ketiga matra dan Kepolisian RI.
 
Mewakili dan membacakan pidato Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M, Koordinator Staf Ahli Kasad, Letjen TNI Afini Broer hadir di moment penting tersebut. 
 
 
Sedangkan Kapolri  Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si diwakili oleh Kakorlantas Irjen. Pol. Drs. Firman Santyabudi, M.Si. 
 
Bahkan Wakil Menteri Perdagangan DR Jerry Sambuaga juga menyempatkan hadir karena juga bagian dari Keluarga TNI AD.
 
Sedangkan Ketua Umum Persatuan Purnawirawan TNI-AD (PPAD) Letjen TNI (Purn) Dr (HC) Doni Monardo memberikan sambutan dan arahan sebagai Bapak Pembina dari Anak-anak Hipakad selain juga dihadiri langsung Nyonya Devi Luhut Pandjaitan sebagai sesepuh dan tokoh yang mencintai Hipakad dan juga didampingi Nyonya Liza Hariara Tambunan serta beberapa Pimpinan Ormas seperti Pemuda Panca Marga (PPM), Keluarga Besar Putra-Putri Kepolisian Republik Indonesia  (KBPPP) dan diikuti DPD Hipakad seluruh Indonesia.
 
 
Luhut tak lupa juga mengucapkan selamat dan sukses kepada Pimpinan dan Anggota Dewan Pengurus Hipakad atas suksesnya penyelenggaraan Munas Hipakad Ke-1 Tahun 2022 dan HUT ke-5 organisasi anak-anak TNI AD tersebut yang dinahkodai Hariara Tambunan ini.
 
Luhut mengatakan pandemi Covid-19 telah cukup lama mengimbas Indonesia, telah lebih dari 2 tahun berada di Indonesia. 
 
"Tapi berkat kerja keras kita semua, saling gotong-royong, saling tolong menolong maka situasi pandemi ini dapat menjadi lebih terkendali dibandingkan saat-saat awal kita berhadapan dengan virus mematikan," tutur LBP, sapaan akrab Menteri Senior di dua Pemerintahan Jokowi ini.
 
 
Berkat penanganan pandemi yang baik, lanjut dia, pemulihan ekonomi berjalan dengan cepat, tangguh, dan kuat. Hal ini terlihat dari pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tumbuh positif sejak kuartal I 2021. 
 
"Kuartal II 2022 sendiri perekonomian Indonesia tumbuh di angka 5,4 persen. Index PMI manufaktur juga menunjukkan bahwa industri melanjutkan ekspansi selama 12 bulan berturut-turut. Ekspor Indonesia juga menjadi salah satu yang tertinggi di dunia. Pada bulan Juli 2022 ekspor kita tumbuh 32 persen y-o-y lebih tinggi dari negara tetangga dan negara industri lain. Seperti Cina, Vietnam dan Korea Selatan," jelas LBP yang juga Ketua Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI).
 
 
Target Investasi Terpenuhi
 
Dari sisi investasi realisasi PMA dan PMD Indonesia tercatat tumbuh 35 persen yoy di kuartal II 2022. 
 
Menko Luhut menjelaskan, realisasi investasi Indonesia pada dasarnya selalu menunjukkan performance yang baik. Bahkan saat pandemi sekalipun.
 
"Target investasi sebesar Rp817 Triliun dan Rp900 Triliun untuk tahun 2022 dan 2021 dapat dipenuhi. Dan saya pun yakin target investasi Rp 1.200 Triliun untuk tahun Ini, itupun akan dapat kita capai," ujar Luhut.
 
 
"Tingginya realisasi investasi tidak dapat dilepaskan dari sukses kita bersama melakukan hilirisasi Sumber Daya Alam. Khususnya mineral nikel di Indonesia," imbuh Ketua Dewan Sumber Daya Air Nasional ini.
 
Korsahli Kasad, Letjen TNI Afini Broer, Kakorlantas Irjen. Pol. Drs. Firman Santyabudi, M.Si, Wamendag DR Jerry Sambuaga, Ketum PPAD Letjen TNI (Purn) Dr (HC) Doni Monardo, Nyonya Devi Luhut Pandjaitan didampingi Nyonya Liza Hariara Tambunan, Pimpinan PPM, KBPPP, DPD Hipakad hadir di Munas I Hipakad (AG Sofyan )
 
Hilirisasi, kata dia, tidak hanya memberikan nilai tambah terhadap perekonomian Indonesia. Namun juga menciptakan pemerataan. Hal ini dapat dilihat dari share PMA yang semakin menurun di Pulau Jawa dan meningkat di wilayah lain. Khususnya Indonesia Timur.
 
Selain itu ungkap LBP, perkembangan Proyek Strategis Nasional (PSN) juga menjadi pendorong investasi. Khususnya berasal dari dalam negeri atau PMDN.
 
 
Tahun 2021 terdapat 24 PSN yang diselesaikan. Dengan total nilai investasi Rp125 Triliun. Beberapa contoh proyek tersebut antara lain pembangunan bendungan dan jalan tol di beberapa wilayah. Pembangunan kereta api, akses bandara baru seperti Jakarta-Kulonprogo. Dan pengembangan kawasan industri Morowali.
 
"Ini menunjukkan bahwa investasi juga berperan dalam meningkatkan konektivitas dan kemajuan ekonomi. Dan khususnya daerah di pulau Jawa," ujarnya.
 
Ke depan pemerintah akan terus mengejar penyelesaian PSN yang sampai saat ini belum selesai. Selain itu, fokus pemerintah adalah melanjutkan hilirisasi SDA. 
 
 
Industri Rendah Karbon 
 
Termasuk pengembangan batu baterai lithium untuk bahan bakar kendaraan listrik. Serta menurunkan emisi karbon dan memperkuat sektor kesehatan Indonesia.
 
"Selama ini hilirisasi nikel masih sangat terfokus pada produksi besi dan baja. Hilirisasi yang dilakukan telah meningkatkan ekspor besi baja Indonesia ke dunia. Sehingga hampir 20 kali lipat di tahun 2021," tutur Menko LBP.
 
"Nilai ekspor baja pada waktu itu hampir 21 miliar dollar. Kedepan pemerintah akan mendorong pengembangan nikel," imbuhnya.
 
 
Luhut menambahkan, untuk mendukung industri baterai di Indonesia, beberapa perusahaan telah berkomitmen untuk mengembangkan rantai pasok Baterai EV. Ini dilakoni dengan berkongsi dengan pemain-pemain besar industri baterai dunia.
 
"Situasi yang kondusif ini diharapkan mampu mempercepat pengembangan industri baterai di Indonesia. Upaya hilirisasi selanjutnya akan diteruskan ke produk-produk ekspor utama Indonesia lainnya," ungka Luhut.
 
 
Kedepan Kalimantan Utara akan berperan sebagai Game Changer baru seiring dengan berlangsungnya proses hilirisasi rantai pasok Petrokimia dan EV (Electric Vehicle)
 
Nyonya Devi Luhut Pandjaitan sebagai sesepuh dan tokoh yang mencintai Hipakad, didampingi Nyonya Liza Hariara Tambunan meminta anak-ansk Hipakad untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta mendukung kepemimpinan kembali Hariara Tambunan sebagai komandan Hipakad 2022-2027 (AG Sofyan )
 
Beberapa investor sudah berinvestasi di Kalimantan Utara karena komunitas yang tersedia. Luas lahan yang luas. Keberadaan sungai-sungai besar yang berpotensi menjadi PLTA. 
 
"Keberadaan industri di Kalimantan Utara akan menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia serius membangun masa depan industri yang hijau. Rendah karbon dan patuh terhadap penerapan ESG. Hilirisasi memungkinkan Indonesia untuk dapat tumbuh menjadi negara maju di tahun 2045," beber Menko Polhukam ke 13 ini.
 
 
Ia menjelaskan, komitmen Indonesia untuk mengatasi perubahan iklim juga tercermin dalam arah dan kebijakan investasi. Indonesia telah menerapkan target penurunan emisi dan zero emisi pada 2060.
 
"Dan untuk mencapai target tersebut secara bertahap kita akan beralih dari Pembangkit Listrik berbahan batubara ke energi baru dan terbarukan,"  tegasnya.
 
"Indonesia juga banyak menggunakan sepeda listrik dan mobil Listrik. Yang akan kita mulai juga di tahun ini," imbuh Menteri Kabinet yang dianggap multi talent ini .
 
 
Indonesia sangat beruntung karena memiliki potensi energi baru terbarukan yang melimpah dan tersebar merata di seluruh Indonesia. Total potensi dari EBT diperkirakan mencapai 437 gigawatt. 
 
"Namun hingga saat ini pemanfaatannya baru 2,5 persen. Sehingga kerja sama kita untuk investasi sangat penting," jelasnya
 
Luhut menyampaikan apapun yang mau kita kerjakan untuk negeri ini, pondasi kuatnya adalah berangkat dari semangat persatuan dan kesatuan
 
 
"Kalau kita semua kompak, kita semua padu, tidak ada yang tidak bisa kita selesaikan. Oleh karena itu saya ajak Hipakad untuk membawa persatuan dan kesatuan hadir selalu dalam jiwa raga anak-anak bangsa di Republik yang tercinta ini. Jangan mau kita dipecah-pecah oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab. Indonesia hebat, Indonesia akan lebih maju lagi kedepan," tegas pejabat negara di dua Presiden (Abdurrahman Saleh dan Jokowi) ini. 
 
Sementara Ketua Umum Hariara Tambunan menyampaikan kebulatan tekadnya bersama Pengurus dan Anggota DPD Hipakad seluruh Indonesia, terus setia, mendukung, menjaga, dan mengamankan serta merawat legacy pemerintahan yang sah secara konstitusi dan telah dipilih secara demokratis oleh rakyat, tak lain adalah Pemerintahan Joko Widodo ini.
 
 
"Karena Hipakad ini adalah organisasi yang mengutamakan kebersamaan, menyatu, 
memperkuat, dan menjaga dimana anak-anak TNI AD di seluruh pelosok nusantara. Kita akan terus berkonsolidasi ikut membantu TNI AD dalam memberikan solusi serta menjawab tantangan zaman dan menyelesaikan dengan baik," tegas Hariara.
 
"Pesan kami kepada kawan-kawan Hipakad seluruh Indonesia, untuk terus kita bersinergi dengan PPAD, Mabes TNI AD, dan Mabes TNI serta Pemerintah yang sah. Kita saling mendukung dan kita hindari hoaks-hoaks yang menyudutkan pemerintahan kita yang konstitusional ini. Kita terus bersatu meredam narasi-narasi yang memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa," pungkasnya. ***
 
 

Editor: Gungde Ariwangsa

Sumber: Liputan langsung narasumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Erick Thohir Cawapres Terkuat Bagi Ganjar Pranowo

Senin, 3 Oktober 2022 | 18:44 WIB

R20 Ajak Gotong Royong Wujudkan Tatanan Dunia yang Damai

Jumat, 30 September 2022 | 20:06 WIB
X