• Jumat, 7 Oktober 2022

Pimpinan MPR Didesak Segera Lantik Tamsil Linrung Sebagai Wakil Ketua

- Minggu, 18 September 2022 | 19:12 WIB
Suasana seusai Rapat Paripurna DPD RI yang dipimpin Ketuany, A.A.LaNyalla Mahmud Mattalitti, Kamis 18 Agustus 2022. Sidang memutuskan Fadel Muhammad diberhentikan sebagai Wakil Ketua MPR dari unsur DPD dan digantikan Tamsil Linrung.  (istimewa )
Suasana seusai Rapat Paripurna DPD RI yang dipimpin Ketuany, A.A.LaNyalla Mahmud Mattalitti, Kamis 18 Agustus 2022. Sidang memutuskan Fadel Muhammad diberhentikan sebagai Wakil Ketua MPR dari unsur DPD dan digantikan Tamsil Linrung. (istimewa )

SUARAKARYA.ID:  Desakan agar Majelis Permusyawaratan Rakyat ( MPR ) segera melantik Tamsil Linrung menjadi Wakil Ketua MPR terus bergulir. Sebab, proses pergantian Fadel Muhammad sudah sesuai dengan mekanisme politik, lewat Sidang Paripurna DPD.

"Pemberhentian Fadel Muhammad sebagai Wakil Ketua MPR dari unsur DPD itu adalah keputusan politik lembaga lewat mosi tidak percaya yang dibawa ke sidang paripurna. Keputusan itu bukan face to face antara LaNyalla (Ketua DPD) dengan Fadel," kata Direktur Center For Leadership of Indonesia, Jakarta, Prof. Dr. Muh. Nur Sadik, M.P.M., ketika dihubungi wartawan, di Jakarta, Minggu, (18/9/2022).

Baca Juga: Fadel Muhammad Dan Istri Sambangi Posko Peduli Jurnalis

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Rapat Pimpinan (Rapim) MPR membahas dan memutuskan pengangkatan Tamsil Linrung itu akan digelar, Senin, 19 September 2022. Rapim agak terlambat dilakukan setelah surat masuk dari DPD pada 5 September 2022, karena sebagian pimpinan MPR masih berada di luar negeri.

Baca Juga: FPG MPR Gelar FGD Bahas PPHN, Bamsoet Siap Ikut Perjuangkan Sikap Golkar

Sebagaimana diketahui, Fadel Muhammad diberhentikan dari jabatannya sebagai Waka MPR dari unsur DPD lewat sidang paripurna pada Kamis, 18 Agustus 2022. Pada 1 September 2022, Ketua MPR Bambang Soesatyo menandatangani Surat Keputusan Pimpinan MPR Nomor 14 Tahun 2022 tentang pergantian Pimpinan Kelompok DPD di MPR masa jabatan 2019-2024. Yang menjadi Ketua Kelompok DPD di MPR adalah H.M.Syukur, SH, MM menggantikan Tamsil Linrung. Posisi Sekretaris yang dipegang M.Syukur dipegang Ajbar. Sedangkan Hajjah Fahira Idris tetap menjadi bendahara.

Menindaklanjuta SK tersebut, Kelompok DPD di MPR mengirimkan surat kepada Pimpinan MPR, perihal, "Usul Pergantian Pimpinan MPR dari unsur DPD. Surat yang dikirim 5 September 2022 dan ditandatangani M. Syukur (ketua) dan Ajbar (sekretaris) mengajukan usul pergantian dari Fadel Muhammad ke Tamsil Linrung.

Menurut Nur Sadik, apa yang dilakukan lembaga terhadap Fadel Muhammad adalah keputusan politik. Sebab, ia menjadi Wakil Ketua MPR pun merupakan hasil politik.

Fadel bermanuver, itu haknya. Mengenai perdata dan pidana, biarkan urusan PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negara) dan polisi.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X