• Jumat, 9 Desember 2022

Perlu Percepatan Penyediaan Hunian Layak dan Terjangkau

- Selasa, 23 Agustus 2022 | 20:29 WIB
Wagub DKI Ariza membuka FGD tentang Perlunya Percepatan Pembangunan Rumah Layak Huni, Selasa (23/8/2022)
Wagub DKI Ariza membuka FGD tentang Perlunya Percepatan Pembangunan Rumah Layak Huni, Selasa (23/8/2022)



SUARAKARYA.ID: Focus Group Discussion (FGD) Implementasi Sertifikat Kepemilikan Bangunan dan Gedung Satuan Rumah Susun (SKBG Sarusun) di DKI Jakarta dibuka Wagub Ariza Patria.

Kegiatan FGD ini digelar di Ruang Pola Bappeda, Blok G Balaikota DKI Jakarta, pada Selasa (23/8/2022).

Pada kesempatan itu, Ariza menyampaikan bahwa SKBG Sarusun hadir sebagai salah satu skema baru dalam penyediaan tanah untuk pembangunan rusun dengan memanfaatkan lahan Barang Milik Negara (BMN), Barang Milik Daerah (BMD) atau pun tanah wakaf melalui sewa.

Baca Juga: Bank DKI Siap Dukung Layanan Jasa Perbankan Rusunawa DKI Jakarta

"Sehingga dapat menghasilkan harga hunian yang lebih terjangkau, serta memungkinkan percepatan penyediaan hunian terjangkau di DKI Jakarta," ucapnya.

Wagub  menambahkan, konsep SKBG Sarusun juga memberikan kepastian bermukim atau secure tenure bagi masyarakat.

Sehingga dapat memberikan solusi yang sejalan dengan upaya penyelesaian permasalahan kebutuhan hunian terjangkau di Jakarta.

"Optimalisasi pemanfaatan aset milik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, BMN dan BMD yang ada, diharapkan penyediaan hunian terjangkau bagi masyarakat Jakarta dapat segera terwujud," tuturnya.

Baca Juga: Dibangun PT Amarta Karya, Gubernur DKI Jakarta Resmikan Rusunawa Pulo Jahe Jaktim

Skema SKBG Sarusun ini memberikan angin segar bagi Pemprov DKI untuk menyusun regulasi penyediaan hunian yang responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Untuk itu, Pemprov DKI  terus membuka ruang untuk berkolaborasi. Dalam hal ini, seluruh pelaku pembangunan agar ikut serta mewujudkan kebutuhan-kebutuhan kota Jakarta yang inklusif dan berkelanjutan, dari pembangunan fisik sampai kehidupan manusianya.

Baca Juga: 300 Warga Tanda Tangan Minta Gubernur Tak Beri Sanksi Kepada AM Dikeluarkan Dari Rusunawa Jatinegara

Sebagaimana diketahui, FGD Implementasi SKBG Sarusun ini merupakan tindak lanjut Pemprov DKI Jakarta terhadap terbitnya Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI Nomor 17 Tahun 2021 tentang Bentuk dan Tata Cara Penerbitan Sertifikat Kepemilikan Bangunan Gedung Satuan Rumah Susun (SKBG Sarusun). ***

Editor: Pudja Rukmana

Sumber: Siaran Pers

Tags

Terkini

X