• Jumat, 9 Desember 2022

Ribuan Santri Doakan Ganjar Presiden Karena Dinilai Mampu Sejajarkan Pesantren

- Selasa, 23 Agustus 2022 | 17:06 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat menghadiri acara penutupan PPSMB UGM.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat menghadiri acara penutupan PPSMB UGM.

SUARAKARYA.ID: Ribuan santri di Mojokerto menggemakan 'Ganjar Presiden 2024' melalui acara 'Mojokerto Bersholawat' yang diinisiasi jaringan relawan SDG (Santri Dukung Ganjar) Jawa Timur.

Kegiatan yang digelar di Lapangan Sajen, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur ini diikuti oleh 10.000 orang yang terdiri dari santri dan masyarakat yang berasal dari dalam dan luar Jawa Timur.

Koordinator Wilayah (Korwil) Santri Dukung Ganjar Jawa Timur, Huriyahi, menyampaikan, dukungan kalangan santri untuk Ganjar lantaran dinilai selalu mendukung moderasi beragama di kalangan pesantren.

Baca Juga: Akhirnya Gubernur Papua Barat Lantik 3 Penjabat Kepala Daerah

Menurut Huriyahi, Ganjar satu di antara sedikit pemimpin yang selalu optimistis bahwa pesantren mampu mencetak santri yang dapat ikut memajukan Bangsa dan Negara Indonesia.

Hal itu dibuktikan Ganjar dengan langkah konkret, yakni memperjuangkan terbitnya Peraturan Daerah (Perda) Tentang Pesantren yang bertujuan agar pesantren mampu sejajar dengan pendidikan formal. Di Jawa Tengah, Ganjar bersama DPRD Jawa Tengah pun telah bersepakat untuk segera membuat Perda Tentang Pesantren.

"Karena Pak Ganjar adalah sosok yang dekat dengan kyai, ulama serta beliau juga sangat mendukung moderasi beragama. Moderasi beragama yang didorong beliau adalah yang mana kalangan pesantren mampu bersaing dengan pendidikan-pendidikan yang umum, sehingga bisa memajukan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar Huriyahi.

Baca Juga: Literasi Digital KKN, UNU, Kemenkominfo,  dan Pandu Digital Kolaborasi Untuk Desa di NTB

Optimisme Ganjar terhadap kemajuan pesantren juga jadi alasan Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Fatchul Ulum Pacet, KH Ainul Mubarok menyatakan dukungannya untuk Ganjar di Pemilu 2024 mendatang. Menurutnya, sejarah panjang Kemerdekaan Bangsa Indonesia tak terlepas dari keikutsertaan perjuangan kalangan santri.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X