• Senin, 26 September 2022

Balad Erick Thohir Gelar Kegiatan di Jawa Barat, Peringati HUT Ke-77 Kemerdekaan RI

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 18:46 WIB
Menteri BUMN, Erick Thohir saat mendampingi Presiden RI Joko Widodo.
Menteri BUMN, Erick Thohir saat mendampingi Presiden RI Joko Widodo.

SUARAKARYA.ID: Relawan Balad Erick Thohir menggelar berbagai kegiatan di 10 kabupaten dan kota di Jawa Barat dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Perwakilan Koordinator Nasional (Kornas) Balad Erick Thohir, Ma’ruf Mutaqin, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu, mengatakan kegiatan itu merupakan upaya pelestarian tradisi dan permainan tradisional.

"Harus diakui jika fenomena Citayam Fashion Week (CFW) yang viral beberapa waktu lalu adalah buah dari artikulasi anak muda yang bosan terhadap budaya pop, namun tidak menemukan tempat di budaya tradisional kita. HUT RI ini harus jadi momentum untuk mengenalkan keunikan dan keseruan warisan leluhur," kata Ma’ruf dikutip dari Antara.

Baca Juga: Konflik KONI DKI di BAORI, Jangan Korbankan Atlet demi Kepentingan Pribadi

Berbagai kegiatan itu adalah Pawai Dongdang yang digelar di Kampung Garisul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sebagai bentuk syukur atas nikmat kemerdekaan. Dalam kegiatan tersebut, ratusan warga mengarak beberapa alat pikul padi yang terbuat dari potongan batang bambu setinggi orang dewasa.

Tidak hanya itu, Pawai Dongdang juga dimeriahkan oleh arak-arakan hasil bumi dan makanan yang dihias dalam beraneka bentuk dengan diiringi suara kendang, angklung, serta pukulan lesung.

Kegiatan lain ialah berbagai lomba tradisional, seperti balap karung, tarik tambang, dan panjat pinang di Desa Ciawang, Tasikmalaya, Jawa Barat. Kemudian, di Gang Gebang, Ciamis, Jawa Barat, digelar kegiatan jalan santai, donor darah, serta santunan untuk anak yatim dan warga lanjut usia.

Baca Juga: Akan Ada Tersangka Baru, Tim Sus Umumkan Perkembangan Kasus Brigadir J yang Libatkan Irjen Ferdy Sambo

Terkait lokasi penyelenggaraan kegiatan, 10 kabupaten dan kota di Jawa Barat itu meliputi Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, Kabupaten Majalengka, Ciamis, Kabupaten Bandung, Kota Banjar, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Garut.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Charta Politika: Sandiaga Cawapres Paling Disukai Publik

Kamis, 22 September 2022 | 19:54 WIB

Surat  Terbuka Bangsa  Seram di Maluku Berduka

Kamis, 22 September 2022 | 09:24 WIB

Bupati Purwakarta Gugat Cerai Suaminya dan Profil

Kamis, 22 September 2022 | 09:23 WIB

Bjorka - Akan Ada Kejutan dalam Waktu Dekat

Selasa, 20 September 2022 | 23:30 WIB
X