• Sabtu, 1 Oktober 2022

Mengenal Dunia Game Online, IGRS Membantu Orangtua Memilih Permainan Interaktif Sesuai dengan Kelompok Usia

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:55 WIB
Webinar yang digelar pada Jumat (12/8/2022) di Provinsi Jawa Timur, diikuti oleh ribuan siswa dan guru sebagai peserta secara daring (Ist)
Webinar yang digelar pada Jumat (12/8/2022) di Provinsi Jawa Timur, diikuti oleh ribuan siswa dan guru sebagai peserta secara daring (Ist)

SUARAKARYA.ID: Online games atau biasa disebut game online adalah jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan komputer (LAN atau internet), sebagai medianya.

Menurut Andrew Rollings dan Ernest Adams, game online lebih tepat disebut sebagai sebuah teknologi, dibandingkan sebagai sebuah genre permainan; sebuah mekanisme untuk menghubungkan pemain bersama, dibandingkan pola tertentu dalam sebuah permainan (Rolling & Adams, 2006: 770).

Tetapi game online menghadirkan sesuatu yang bersifat positif dan negatif. Positifnya, game online mampu meningkatkan motorik penggunanya dan mampu menghasilkan uang karena game online bisa mengembangkan karir kita menjadi atlet esport bahkan konten kreator. Negatifnya, game online dapat menimbulkan kecanduan yang berlebihan sehingga pemain kadang-kadang lupa akan waktunya.

Baca Juga: Pemerintah Luncurkan Buku Vaksinasi Covid-19, Menko Airlangga Harap Bisa Mendukung Arsitektur Kesehatan Global

Menyikapi hal itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerjasama dengan SiberKreasi menggelar program webinar literasi digital #MakinCakapDigital dengan tema “Adiksi Game Online”. Agar kita mengetahui apa saja yang harus kita ketahui sebelum kita memulai memainkan game online.

Webinar yang digelar pada Jumat (12/8/2022) di Provinsi Jawa Timur, diikuti oleh ribuan siswa dan guru sebagai peserta secara daring.

Webinar ini mengundang dari berbagai macam bidang keahlian profesi, yakni IR. M. Adhi Prasnowow, ST, MT, IPM, ASEAN ENG (Dosen / praktisi), Desra (Key Opinion Leader), dan E Rizky Wulandari, SSos, MIKom (Dosen Ilmu Komunikasi).

Tema yang dibahas oleh masing-masing narasumber meliputi digital skill, digital ethic, dan digital safety.

Baca Juga: Webinar Etika Berjejaring Jarimu Harimaumu, 4 Cara Menjadi Netizen yang Baik

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

R20 Ajak Gotong Royong Wujudkan Tatanan Dunia yang Damai

Jumat, 30 September 2022 | 20:06 WIB
X