• Rabu, 5 Oktober 2022

Kementan Dorong Petani Pangkep Tingkatkan Produktivitas Melalui CSA Ramah Lingkungan

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 13:16 WIB
Tingkatkan Produktivitas lewat CSA ramah lingkungan (Ist)
Tingkatkan Produktivitas lewat CSA ramah lingkungan (Ist)

SUARAKARYA.ID: Pembangunan pertanian di Sulawesi Selatan terus mengalami peningkatan dan banyak merasakan dampak positif dari penerapan teknologi Climate Smart Agriculture (CSA) dari Program Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP).

Program SIMURP merupakan salah satu program utama Kementerian Pertanian yang berada dibawah komando Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP).

Kementan terus mendorong petani untuk menerapkan teknologi CSA karena CSA terbukti mampu meningkatkan produktivitas pertanian.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memperkuat hal tersebut. Program SIMURP merupakan program utama Kementan yang harus didukung karena dengan kegiatan CSA selain meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian, CSA juga mampu menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

Baca Juga: Dua Jam Timsus Dipimpin Wakapolri Periksa Irjen Ferdy Sambo, Apa Hasilnya?

Baca Juga: Lirik Lagu Kebyar Kebyar Populer Sepanjang Masa

CSA atau Pertanian Cerdas Iklim memang diharapkan bisa meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman, menaikkan Indeks Pertanaman (IP) serta dapat meningkatkan pendapatan petani pada lahan sawah irigasi menuju ketahanan pangan yang berkelanjutan.

Saya mendorong adanya berbagai inovasi dan teknologi seperti CSA untuk menghadapi perubahan iklim, ujar Mentan Syahrul.

Syahrul menambahkan jika Program SIMURP dapat meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian dengan mengedepankan penggunaan air yang efisien serta tanpa bergantung pada kondisi iklim yang berubah.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Erick Thohir Cawapres Terkuat Bagi Ganjar Pranowo

Senin, 3 Oktober 2022 | 18:44 WIB
X