• Rabu, 28 September 2022

Ketua AMPI Geraldo Tambunan: Ambil Langkah Hukum Atas Pernyataan Haris Pertama Rugikan Martabat Airlangga

- Jumat, 29 Juli 2022 | 08:55 WIB
Ketua AMPI Geraldo Tambunan secepatnya ambil langkah hukum atas pernyataan Haris Pertama yang merugikan harkat dan martabat Airlangga Hartarto  (AG Sofyan )
Ketua AMPI Geraldo Tambunan secepatnya ambil langkah hukum atas pernyataan Haris Pertama yang merugikan harkat dan martabat Airlangga Hartarto (AG Sofyan )
 
SUARAKARYA.ID: Ketua Bidang Hukum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Angkatan Muda Pembaharuan IndonesIa (AMPI) Geraldo Tambunan mengecam keras pernyataan yang dilontarkan oleh Haris Pertama terhadap Ketua Dewan Pembina DPP AMPI Airlangga-Hartarto">Airlangga Hartarto.
 
Atas pernyataan Haris Pertama yang telah menyinggung dan menyerang martabat, kehormatan, dan harga diri Airlangga-Hartarto">Airlangga Hartarto sebagai pribadi maupun sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Umum Partai Golkar serta Ketua Dewan Pembina DPP AMPI, Geraldo Tambunan secepatnya melakukan langkah hukum atas narasi buruk yang dilakukan seorang pecundang yang mengaku sebagai tokoh pemuda tersebut.
 
 
Reaksi keras organisasi pemuda yang lahir 28 Juni 1978 dari Deklarasi Pandaan, Jawa Timur ini dipicu oleh pernyataan Ketua Umum KNPI Haris Pertama pada 23 Juli 2022 di Monumen Serangan Umum 1 Maret, Yogyakarta, terkait narasi provokatif tentang serangan umum kepada Menko Perekonomian Airlangga-Hartarto">Airlangga Hartarto.
 
"Pernyataan tersebut membuktikan bahwa Haris Pertama memiliki sikap yang sangat tidak bijaksana, jauh dari ciri khas pemimpin KNPI, arogan, serta menunjukkan sikap tendensius dan kebencian pribadi yang tidak mendasar, yang merusak nama baik dan martabat organisasi pemuda di IndonesIa," ujar Geraldo kepada wartawan di Jakarta, Kamis (28/7/2022).
 
 
AMPI menilai pernyataan Haris dalam orasinya tersebut berpotensi menimbulkan perpecahan dan gesekan di kalangan pemuda Indonesia.
 
"Pernyataan saudara Haris Pertama soal serangan kepada Bapak Menko Perekonomian Airlangga-Hartarto">Airlangga Hartarto ini sangat tidak patut dan tidak etis dilontarkan di hadapan para pemuda-pemuda di organisasi KNPI karena berpotensi menimbulkan keonaran dan kegaduhan di kalangan publik,” tegas Geraldo 
 
 
Pernyataan tersebut, kata dia, jelas adalah sebuah ujaran kebencian yang tidak mendasar dan tidak ada fakta atau bukti pendukungnya yang ditujukan kepada Airlangga-Hartarto">Airlangga Hartarto.
 
Di sisi lain Geraldo menambahkan, pihaknya juga mengkaji unsur-unsur hukum yang timbul dari pernyataan Haris Pratama. 
 
 
“Kami tentu mengambil segala tindakan hukum yang perlu dan pantas terhadap Haris Pertama ,” tandasnya.
 
Untuk itulah, kata Geraldo, DPP AMPI yang dinahkodai Jerry Sambuaga siap menjadi garda terdepan dalam membela Ketua Dewan Pembina Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia.
 
 
Instruksi Jerry
 
Saat ditemui secara terpisah, Ketua Umum DPP AMPI, Jerry Sambuaga mengaku telah menginstruksikan seluruh kader AMPI untuk menjaga marwah dan nama baik Airlangga-Hartarto">Airlangga Hartarto. 
 
“Instruksi saya jelas, untuk seluruh Kader AMPI di pelosok negeri, harus siap menjadi garda terdepan membela marwah Bapak Airlangga-Hartarto">Airlangga Hartarto selaku Ketua Dewan Pembina DPP AMPI. ” tegas Jerry Sambuaga di DPP AMPI, Jakarta. Selasa (26/7/2022).***

Editor: Markon Piliang

Sumber: Liputan langsung narasumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X