• Sabtu, 1 Oktober 2022

PLN Garap Desa Wisata Bukit Waung Modangan

- Jumat, 29 Juli 2022 | 04:27 WIB
Petugas PLN saat memasang jaringan
Petugas PLN saat memasang jaringan


SUARAKARYA.ID: PLN (Persero) menggarap program desa tematik dengan penguatan ketenagalistrikan sebagai faktor penyokong utama.

PLN kali ini menggarap listrik di Desa Wisata Bukit Waung Modangan Sumberoto, Kabupaten Malang yang selama ini dikenal dengan panorama pantai dan wisata paralayang.

“Kami menetapkan 16 desa tematik di wilayah Jawa Timur. Tahapan yang kami lakukan pertama mencari gagasan pengembangan desa sehingga dapat menciptakan lapangan kerja," ujar GM PLN Jatim, Lasiran, Kamis (28/7/2022).

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Bersama Bawaslu Kediri Serahkan Klaim JKM Kepada Ahli Waris Pengawas TPS

PLN di lokasi ini membangun infrastruktur pada di kawasan yang belum tersentuh jaringan BUMN tersebut. Mereka menyediaan 10 gawang SUTM , 19 gawang SUTR, pasang baru listrik untuk 26 pelanggan.

Kepala Desa Sumberoto, Budi Otomo, bersyukur pada akhirnya mereka bisa menikmati listrik PLN. "Listrik membantu tempat usaha disini lebih mudah mendapatkan aliran air tawar,” ujarnya.

PLN menghimbau untuk seluruh masyarakat untuk berperan menjaga seluruh material dan jaringan mereka. Masyarakat diharapkan dapat melaporkan kepada PLN, bila sekiranya ada pohon yang sudah tumbuh mendekati jaringan agar dirabas segera oleh PLN.

Baca Juga: PLN Dukung Geliat Ekonomi Seiring Pembangunan IKN dengan Siapkan Infrastruktur Kelistrikan Andal

Di Situbondo, program desa tematik mengusung tema electrifying marine untuk Wisata Pancing Widoro, Pasar Banyuputih. Rencananya ke depan akan dibangun wisata taman pancing, edukasi tambak udang, wisata bahari dan kuliner.

Kawasan wisata tambak ini dikelola bersama oleh BUMDes yang merupakan milik warga bersama bukan perorangan. Untuk pengoperasian tambak, electrifying marine sebanyak 4 pelanggan tambak total daya 220 kVA.***

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

R20 Ajak Gotong Royong Wujudkan Tatanan Dunia yang Damai

Jumat, 30 September 2022 | 20:06 WIB
X