• Minggu, 2 Oktober 2022

Pembangunan SDM Di Kabupaten Sorong Prioritas Bupati Johnny Kamuru

- Kamis, 21 Juli 2022 | 11:01 WIB
Yoel Kemesfle Sekretaris Kesbangpol Kabupaten Sorong (Ssuarakarya.id - Yacob Nauly)
Yoel Kemesfle Sekretaris Kesbangpol Kabupaten Sorong (Ssuarakarya.id - Yacob Nauly)


SUARAKARYA.Id:  Sekretaris Kesbangpol kabupaten Sorong, Yoel Kemesfle, mengatakan  yang dilakukan  Bupati Sorong Johnny Kamuru  selama ini  adalah  mendongkrat  IPM (Indeks Pembangunan Manusia) masyarakat  Orang Asli Papua (OAP) di  kabupaten Sorong.

“Khususnya pembangunan sumber daya manusia, itu merupakan indikator yang amat  penting. Ini  dilihat  pada bidang pendidikan,” kata Kemesfle kepada suarakarya.id di KM 24 Aimas Sorong, Kamis (21/7/2022).

Menurutnya,  bidang pendidikan dan kesehatan menjadi prioritas pembangunan di Kabupaten Sorong.  Sesuai dengan visi misi Pemerintahan Kabupaten Sorong di bawah kepemimpinan  Bupati Johnny Kamuru.  Yaitu Kabupaten Sorong maju bersama, rakyat cerdas, sehat dan sejahtera di tahun 2022, demikian Kemesfle.

Baca Juga: KPK Dukung Kelancaran Hulu Migas  Wujudkan Ketahanan dan Kemandirian Energi di Papua Barat

Menurut Kemesfle, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan kunci dalam memajukan Papua selain percepatan pembangunan dalam bidang ekonomi dan infrastruktur.

Dijelaskan  sejak  Bupati Johnny Kamuru memimpin daerah ini  baru ada penerapan konsep membangun bersama. Sehingga masyarakat sebagai penerima manfaat  dapat menikmati hasil pembangunan sebagaimana mestinya.

Pertimbangan pentingnya karena   faktor manusia merupakan faktor utama keberhasilan pengembangan Papua untuk bergerak maju ke depan.

Baca Juga: Program Optimalisasi Penyediaan Akses Air Bersih Di Kampung Kayas Dipaparkan Dalam Konferensi Internasional

”Salah satu upaya pengembangan SDM adalah dengan peningkatan kualitas pendidikan dan kompetensi SDM. Selama kepemimpinan Bupati Johnny Kamuru  pemuda-pemudi Papua  di kabupaten Sorong banyak yang memperoleh  beasiswa untuk  melanjutkan pendidikan di wilayah lain di luar Papua Barat,” katanya.

Dikatakannya,  pendidikan adalah modal utama bagi pemuda-pemudi Papua untuk dapat memajukan tanah kelahirannya.  Ia menjelaskan  pendidikan bukan sekadar pengajaran atau transfer ilmu dari pengajar kepada murid.

Lebih  dari itu   memberikan sumber pengetahuan yang lebih bersifat human development (membangun SDM) dalam segala aspek.

Pengetahuan tersebut akan menjadi investasi terbesar yang dapat dimanfaatkan oleh para pemuda Papua untuk membangun dan memajukan daerah ini. ***

Baca Juga: Lirik Lagu Rasa Sayange Sempat Diklaim Milik Malaysia

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

R20 Ajak Gotong Royong Wujudkan Tatanan Dunia yang Damai

Jumat, 30 September 2022 | 20:06 WIB
X