• Senin, 15 Agustus 2022

Menko Polhukam Dan Mendagri Kunjungi Kepulauan Talaud, Canangkan Gerbangdutas 2022 Atasi Wilayah Terisolasi

- Rabu, 25 Mei 2022 | 14:37 WIB
Menkopolhukam Mahfud MD bersama Mendagri Tito Karnavian didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey membuka secara resmi pencanangan Gerbangdutas 2022 di Kabupaten Talaud untuk atasi keterisolasian wilayah (AG Sofyan)
Menkopolhukam Mahfud MD bersama Mendagri Tito Karnavian didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey membuka secara resmi pencanangan Gerbangdutas 2022 di Kabupaten Talaud untuk atasi keterisolasian wilayah (AG Sofyan)
 
 
SUARAKARYA.ID: Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian melakukan pencanangan program dan anggaran dari Kementerian dan Lembaga untuk kawasan perbatasan negara.
 
Kedua Menteri Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin ini hadir berkaitan dengan kegiatan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yang menggelar Pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) Tahun 2022 di Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, pada 23-24 Mei 2022.
 
Baik Menko Mahfud maupun Mendagri Tito juga membubuhkan tanda tangan di atas prasasti, memberikan bantuan kepada masyarakat, meninjau pelaksanaan vaksin dan pembuatan KTP elektronik, serta peletakan batu pertama pembangunan Perpustakaan Umum di Melonguane, Kabupaten Talaud, Provinsi Sulawesi Utara.
 
 
Setelah dari Melonguane dilanjutkan kunjungan ke Pulau Miangas, yang merupakan salah satu Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) yang terletak paling utara Indonesia dan berbatasan langsung dengan Filipina.
 
Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian melakukan pencanangan program dan anggaran dari Kementerian dan Lembaga untuk kawasan perbatasan negara (AG Sofyan)
 
Sementara itu, Sekretaris BNPP Restuardy Daud, mengungkapkan Pencanangan Gerbangdutas 2022 tak cuma meningkatkan upaya pertahanan, keamanan, dan penegakan hukum di kawasan perbatasan, tapi juga mengatasi keterisolasian wilayah perbatasan.
 
 
Restuardy menegaskan Gerbangdutas 2022 di Kepulauan Talaud merupakan upaya pembangunan kawasan perbatasan negara melalui pemanfaatan potensi kawasan perbatasan. Penyediaan infrastruktur di kawasan perbatasan ini dapat mengatasi keterisolasian wilayah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kawasan perbatasan.
 
Gerbangdutas 2022 juga menjadi wujud nyata dari perintah Bapak Presiden RI Joko Widodo untuk membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah serta desa dalam kerangka negara kesatuan,” ujar Restuardy Daud kepada wartawan di Talaud, Senin (23/5/2022).
 
Menkopolhukam dan Mendagri melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud tentang Program Pembangunan dan Pengelolaan Rumah Sehat Baznas Miangas (AG Sofyan)
 
Dalam kunker tersebut Menkopolhukam dan Mendagri melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud tentang Program Pembangunan dan Pengelolaan Rumah Sehat Baznas Miangas. 
 
 
Pencanganan Gerbangdutas 2022 merupakan bentuk komitmen pemerintah membangun perbatasan dengan memperkuat sinergi prioritas kegiatan Kementerian/Lembaga serta Pemerintah Daerah. 
 
Kegiatan ini menjadi agenda multi-stakeholders di seluruh Kawasan Perbatasan Negara yang dilaksanakan di 222 Kecamatan Lokasi Prioritas pada 54 Kabupaten/Kota di 15 Provinsi pada tahun 2022. ***

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X