• Selasa, 28 Juni 2022

Sukses Gelar Bazar Migor, Anggota Dewan Pakar Golkar Henry Lanjut Program Tebus Murah Solo Raya

- Selasa, 24 Mei 2022 | 01:35 WIB
Sukses gelar Bazar Migor, Anggota Dewan Pakar Partai Golkar yang jjuga Tenaga Ahli Anggota Wantimpres  Henry Indraguna melanjutkan Program Tebus Murah di  Solo Raya (AG Sofyan)
Sukses gelar Bazar Migor, Anggota Dewan Pakar Partai Golkar yang jjuga Tenaga Ahli Anggota Wantimpres Henry Indraguna melanjutkan Program Tebus Murah di Solo Raya (AG Sofyan)
 
 
SUARAKARYA.ID: Anggota Dewan Pakar Partai Golkar Henry Indraguna telah sukses menggelar bazar minyak goreng (migor) di Kota Bandung selama 2 pekan dengan pembagian ribuan liter.
 
Jelang sebelum lebaran Henry Indraguna dan tim telah membagikan  minyak goreng berukuran 1 liter yang bisa dibeli masyarakat yang dibanderol dengan harga Rp.15 Ribu per liter/ botol.
 
Perhatian Ketua PPK Kosgoro 1957 ini juga dalam rangka melaksanakan instruksi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto agar para kader Beringin siap dan terus membantu meringankan beban rakyat saat harga minyak goreng naik dan terjadi kelangkaan di pasaran.
 
 
Sukses di Kota Bandung akan berlanjut digelar di wilayah Solo Raya. Henry selanjutnya akan mempersiapkan Program Tebus Murah Minyak Goreng di Dapil V Jawa Tengah yang mencakup Surakarta, Kabupaten Boyolali, Klaten dan Sukoharjo  dengan kapasitas kuota minyak goreng sebanyak 70 Ribu liter.
 
Menurut Henry yang Februari lalu, dirinya diberikan SK Ketua Wantimpres, Jenderal (Purn) Wiranto sebagai Tenaga Ahli Anggota Wantimpres bidang hukum dan perundang-undangan ini mengungkapkan krisis minyak goreng yang dialami Indonesia beberapa waktu lalu, sejatinya merupakan suatu hal yang memaluka. Mengingat IndonesIa adalah salah satu penghasil kelapa sawit terbesar di dunia.
 
Karena itu, Henry melihat langkah Presiden Joko Widodo untuk mencabut izin ekspor minyak goreng dan bahan baku migor merupakan langkah yang tepat.
 
 
Anggota Dewan Pakar Partai Golkar Henry Indraguna menggelar Program Bazar Minyak Goreng (Migor) sesuai arahan dan melaksanakan instruksi Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk membantu masyarakat kecil saat terjadi kenaikan harga dan kelangkaan migor (AG Sofyan)
 
"Berbagai kebijakan telah diterapkan untuk mengatasi krisis migor namun kebijakan tersebut tetap tidak efektif. Kemudian oleh Presiden diputuskan melarang ekspor minyak goreng. Menurut saya di tengah pemulihan ekonomi seperti sekarang ini memang yang harus dikedepankan adalah negara harus memenuhi kebutuhan pokok masyarakat atau rakyat. Oleh karenanya, Keputusan Presiden yang melarang ekspor minyak goreng tersebut sangat efektif dan juga sangat dirasakan dampaknya oleh rakyat," jelas Henry.
 
Cara ini menurutnya akan mampu mengatasi kelangkaan migor di dalam negeri, dikarenakan jika sudah dilarang melakukan ekspor minyak goreng, tentunya kekrisisan tersebut perlahan akan dapat teratasi dan kebutuhan pokok rakyat juga dapat dipenuhi.
 
"Sedangkan kebijakan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Migor, menurut saya, merupakan langkah tepat pemerintah untuk secara langsung membantu warga prasejahtera dalam mengakses migor untuk memenuhi konsumsi rumah tangga," ucapnya. 
 
 
Ia memaparkan, sesuai aturan pemerintah, yang menjadi fokus negara adalah penerima-penerima BLT yang memenuhi kriteria yakni keluarga penerima bantuan non tunai, peserta program keluarga harapan (PKH), Pedagang kali Lima (PKL) yang melakukan usaha di sektor makanan. 
 
"Apabila berbicara soal akses migor, kriteria bukan prasejahtera masih tetap memiliki hak akses atas migor tersebut namun bukan hak untuk mendapatkan BLT," kata dia.
 
Karena itu, lanjut Henry, ia kudu menggelar program tebus murah minyak goreng di dapil binaan, yang dapat membantu masyarakat dalam mengakses minyak goreng murah. Program ini telah dilaksanakan mulai tanggal 17 Mei 2022 lalu dan akan diselenggarakan selama dua minggu berturut-turut dengan menegakkan prokes selama pelaksanaannya.
 
 
"Sedang dipersiapkan programnya. Baik kesiapan minyak goreng yang akan dibagikan atau ditebus murah, melakukan penyusunan langkah dan mekanisme penerimaan Minyak goreng tebus murah, dan serta memastikan bahwasanya yang menerima minyak goreng tebus murah adalah benar-benar masyarakat yang berdomisili di dapil binaan," papar Henry.
 
Ketua PPK Kosgoro 1957 Henry Indraguna bersama Kosgoro 1957 menghelat bazar minyak goreng di Kota Bandung dan akan segera digelar di Dapil Solo Raya (Kota Surakarta, Kabupaten Boyolali, Sukoharjo, dan Klaten) dengan Program Tebus Murah Migor untuk masyarakat prasejahtera (AG Sofyan)
 
Ia menjelaskan dalam program ini, masyarakat dapat membeli minyak goreng dengan harga Rp15 ribu per liter dan setiap NIK mendapatkan jatah minimal 1 liter.
 
"Target utama penerima tebus murah migor tersebut adalah masyarakat yang benar-benar membutuhkan minyak goreng tersebut. Untuk dapat menerima program minyak goreng tebus murah, masyarakat hanya perlu mendaftarkan diri atau mencatatkan nama dalam daftar buku penerima minyak goreng tebus murah. Untuk program ini, akan disediakan 70 ribu liter migor, agar setiap masyarakat membutuhkan dapat mengaksesnya," tutur pengacara kondang ini.
 
 
Walaupun menolak untuk menyampaikan jumlah dana yang dikeluarkan untuk Program Tebus Murah Migor ini, Henry memastikan bahwa dirinya sudah pernah menyelenggarakan program serupa. Sehingga sudah memahami mekanisme pengadaan minyak goreng untuk program tebus murah sesuai ketentuan yang berlaku.
 
"Sebelumnya memang saya sudah pernah mendistribusikan minyak goreng tebus murah di Kecamatan Sukasari, Bandung, Jawa Barat. Untuk saat ini sasarannya adalah daerah Solo, Klaten, Boyolali, Sukoharjo di Jawa tengah. Dan tak tertutup kemungkinan, akan dirasakan manfaatnya kembali untuk daerah atau kabupaten lain," ungkap Henry.
 
Vice President Kongres Advokat Indonesia (KAI) ini mengharapkan, program Tebus Murah ini dapat benar-benar membantu masyakarat dan begitu juga sebaliknya masyarakat benar-benar merasakan manfaatnya.
 
 
"Program ini adalah bagian afirmasi Partai Golkar. Tentunya sejak awal, sebelum kegiatan dilaksanakan, saya telah memperkenalkan diri sebagai anggota Partai Golkar dan bakal calon wakil rakyat nantinya, serta menggunakan nama dan logo Partai Golkar serta juga tentu saja foto Ketum Partai saya, Partai Golkar tak lain Pak Airlangga Hartarto sebagai Capres 2024  di dalam setiap bingkisan minyak goreng tebus murah tersebut," pungkasnya.***

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Sumber: Liputan langsung narasumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X