• Rabu, 29 Juni 2022

Koalisi Golkar-PAN-PPP, Meski Konkret, Nyata Dan Sempurna Tetapi Masih Punya PR

- Senin, 16 Mei 2022 | 08:47 WIB
Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari menilai koalisi Partai Golkar, PAN dan PPP memenuhi syarat pencalonan Pilpres 2024 mendatang (Ist)
Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari menilai koalisi Partai Golkar, PAN dan PPP memenuhi syarat pencalonan Pilpres 2024 mendatang (Ist)

SUARAKARYA.ID: Jika berbicara peta politik menuju Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 maka koalisi Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) merupakan awal yang sangat tepat.

Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari juga menilai koalisi yang mengusung nama Koalisi Indonesia Bersatu ini bentuk koalisi yang paling konkret dan nyata.

"Jika melihat Pilpres 2024, kita tidak lagi bicara soal popularitas individu tetapi yang lebih penting adalah syarat pengajuan dari partai politik,” ungkap Qodari.

Ia menyebut seorang tokoh atau figur yang memiliki popularitas setinggi apa pun tapi kalau tidak punya dukungan politik maka akan percuma saja.

"Jadi ini sudah sempurna koalisi yang mereka bentuk,” tambah Qodari.

Bahkan koalisi yang diumumkan pada Kamis (12/5/2022) di Jakarta oleh Partai Golkar, PAN dan PPP dianggap sebagai komposisi yang sempurna.

“Dalam koalisi ini ada Golkar partai nasionalis lalu partai berbasis Islam tradisional PPP dan Islam modernis yakni PAN,” kata Qodari kepada media, di Jakarta, Sabtu (14/5/2022).

Qodari melihat ini adalah koalisi yang paling nyata hari ini menuju 2024, karena  gabungan ketiga parpol sudah memenuhi syarat pencalonan Pilpres 2024 mendatang.

Kursi parlemen koalisi ketiga partai tersebut telah jauh melebihi ambang batas Presidential Threshold yang hanya 115 kursi saja.

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Sumber: Rilis

Tags

Terkini

X