• Jumat, 20 Mei 2022

Ditinggal Jokowi Ke AS, Maruf Amin Resmi Plt Presiden RI, 10-16 Mei 2022

- Kamis, 12 Mei 2022 | 11:00 WIB
Maruf Amin. (Screenshot BPMI Setwapres.)
Maruf Amin. (Screenshot BPMI Setwapres.)

SUARAKARYA.ID: Wakil Presiden Maruf Amin secara resmi menjadi pelaksana tugas (Plt) Presiden sampai beberapa hari ke depan. Jabatan resmi 'presiden' ini menyusul kepergian Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Washington DC, Amerika Serikat (AS) yang kini masih berlangsung.

Ketentuan Wapres sebagai Plt Presiden ini sesuai Keputusan Presiden (Keppres) No 6/2022 tentang Penugasan Wakil Presiden Melaksanakan Tugas Presiden yang ditandatangani Presiden Jokowi, 10 Mei 2022, dikutip Suarakarya.id, Rabu (11/5/2022).

Dikutip dari substansinya, Keppres tersebut diterbitkan sehubungan dengan pelaksanaan kunjungan kerja atau kenegaraan presiden ke Amerika Serikat pada tanggal 10 sampai dengan 16 Mei 2022.

Baca Juga: Kebhinekaan Indonesia, Tradisi Lebaran Di Papua Bukti Kokohnya Toleransi Beragama Dan Kedamaian

"Maka, untuk menjaga lancarnya pelaksanaan pemerintahan dipandang perlu untuk menugaskan wakil presiden melaksanakan tugas sehari-hari presiden selama berlangsungnya kunjungan tersebut,” tulis pertimbangan Keppres tersebut.

Keppres ini juga menyebutkan jika dalam waktu penugasan tersebut perlu ditetapkan suatu kebijakan baru, maka wakil presiden sebagai pelaksana tugas presiden wajib terlebih dahulu berkonsultasi dan meminta persetujuan presiden.

Tertulis pada diktum ketiga aturan tersebut, "Setelah presiden berada kembali di tanah air, penugasan berakhir dan wakil presiden segera melaporkan pelaksanaan tugas tersebut kepada presiden."

Baca Juga: Airlangga: Pemerintah Komitmen Dorong Transisi Energi Terbarukan, Mobil Listrik Dan Ekonomi Hijau

Kewenangan Plt

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X