• Minggu, 26 Juni 2022

Survei Charta Politika: Elektabilitas Ganjar Pranowo Tertinggi Dari 10 Nama Capres

- Selasa, 26 April 2022 | 18:14 WIB
Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya.
Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya.

SUARAKARYA.ID: Charta Politika merilis hasil survei nasional terkait dengan elektabilitas tokoh yang potensial menjadi calon presiden pada Pilpres 2024. Hasilnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di peringkat pertama.

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya menyampaikan bahwa Ganjar unggul dari Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Anies Baswedan dalam simulasi 10 nama.

"Pada simulasi 10 nama, Ganjar Pranowo mendapatkan elektabilitas tertinggi," ujar Yunarto.

Yunarto memaparkan elektabilitas Ganjar mencapai 29,2 persen dalam simulasi 10 nama. Sedangkan Prabowo sebesar 23 persen dan Anies sebesar 20,2 persen.

Tokoh lain adalah Menparekraf Sandiaga Uno (4,9 persen); Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (4,8 persen); Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (3,4 persen).

Selanjutnya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (3,3 persen), Ketua DPR Puan Maharani (1,8 persen), Menteri BUMN Erick Thohir (1,5 persen), dan Ketum Golkar Airlangga Hartarto (1 persen).

"Responden yang tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 7 persen," ujar Yunarto.

Sampel dalam survei Charta Politika dipilih sepenuhnya secara acak (probability sampling) dengan menggunakan metoda penarikan sampel acak bertingkat (multistage random sampling), dengan memperhatikan urban/rural dan proporsi antara jumlah sampel dengan jumlah pemilih di setiap provinsi.

Dengan jumlah sampel sebanyak 1220 responden, margin of error 2.83% pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X