• Rabu, 29 Juni 2022

Kembangkan Program Santripreneur, Airlangga Permudah Santri Ponpes Suryalaya Jadi Entrepreneur

- Sabtu, 23 April 2022 | 10:24 WIB
Airlangga Hartarto serahkan program KUR untuk Santripreneur. (Kemenko Ekonomi)
Airlangga Hartarto serahkan program KUR untuk Santripreneur. (Kemenko Ekonomi)

SUARAKARYA.ID: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekonomi) Airlangga Hartarto menegaskan bahwa pemerintah siap mendukung penuh para santri untuk menciptakan peluang kerja melalui program Santripreneur.

Menko Airlangga pun mendorong para santri untuk berwirausaha dan menjadi entrepreneur di bidang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Silakan Pak Kiai, kami fasilitasi, tidak hanya pada para santri, juga masyarakat di sekitar Ponpes Suralaya ini,” tutur Airlangga dalam acara Optimalisasi Penyaluran KUR dan Inklusi keuangan untuk meningkatkan kesejahteraan UMKM di Pondok Pesantren Suryalaya, KabupatenTasikmalaya, Rabu (20/4/2022).

Merespon peranan UMKM yang besar terhadap perekonomian, pemerintah telah meningkatkan plafon Kredit &Saha Rakyat (KUR) menjadi sebesar Rp373,17 triliun tahun 2022 dan memperpanjang tambahan subsidi bunga KUR sebesar 3 persen hingga Desember 2022 melalui Bank Himbara.

Baca Juga: Tutup Perhelatan MTQN TNI AD, Kasad : Kemuliaan Akhlak Rasulullah Harus Diteladani

"Anggaran ini untuk menjamin fasilitas lahirnya entrepreneur baru dari kalangan santri, mahasiswa, hingga masyarakat," ujar Ketua Umum Partai Golkar ini, seperti dilaporkan Tim Rajasa AH.

Pemerintah juga menyediakan KUR syariah bagi pelaku usaha yang ingin mendapatkan pembiayaan berbasis syariah. Pola pembiayaan syariah ini didorong untuk bisa dilakukan pada pembiayaan Santripreneur.

“Karena terbukti selama pandemi ini, kita punya penyangga ekonomi adalah UMKM. Satu-satunya kredit yang tumbuh adalah UMKM,” tegas Airlangga.

Dirilis di laman resmi Kemenko Ekonomi, pemerintah terus berkomitmen untuk mendorong peranan UMKM dalam perekonomian, termasuk di lingkungan Pondok Pesantren.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X