• Kamis, 30 Juni 2022

Tak Ditemukan Ceceran Minyak Di Perairan Maluku Utara

- Jumat, 8 April 2022 | 14:46 WIB
Perairan Ternate Maluku Utara (Istimewa)
Perairan Ternate Maluku Utara (Istimewa)

SUARAKARYA.ID:  Pertamina terus berupaya mendalami kabar tumpahan minyak di Maluku Utara. Namun hingga kini masih diteliti kebenaran informasi tersebut. Karena belum ditemukan fakta  tumpahan minyak seperti yang diisukan tersebut.

 Tim melakukan pengecekan di bibir pantai kembali, dan tidak ditemukan adanya ceceran minyak.

Bahkan, saat ini  Pertamina terus berupaya optimal untuk melakukan investigasi terhadap sarana dan prasarana yang ada guna mencari penyebab kejadian yang pasti. 

Baca Juga: Diprediksi Puluhan Juta Warga Mudik  Pada Lebaran Tahun 2022

 Area Manager Communication, Relations & CSR Papua, Maluku, Maluku Utara (Malut),   Edi Mangun  menyatakan, Pertamina menanggulangi insiden tumpahan minyak yang terjadi di sekitar perairan jetty Fuel Terminal Ternate menjadi perhatian khusus.

"Pertamina telah menjalin koordinasi dengan masyarakat, aparat setempat serta dari pemerintah Kota Ternate. Koordinasi dan pertemuan dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) juga telah dilakukan guna memberikan keterangan awal atas insiden yang terjadi terkait indikasi insiden tumpahan minyak yang diketahui pada Rabu (6/4) sekitar pukul 21.15 Wit," kata Edi di Ternate, Jumat.

Menurut dia, Pertamina berkomitmen untuk melakukan penanggulangan (recovery) hingga tuntas dan memastikan distribusi bahan bakar minyak tetap aman guna memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya di wilayah Ternate dan sekitarnya.

"Kami masih berkoordinasi dengan pemda dan dinas terkait lainnya untuk bersama-sama merumuskan dan menetapkan langkah taktis kedepannya guna mengantisipasi dan menanggulangi dampak kerugian material maupun dampak sosial yang disebabkan atas insiden ini," ujarnya seperti dilansir dari AntaraNews.

Baca Juga: Serbuan Vaksinasi Terus Digelar Lantamal IX Ambon

Edi  menjelaskan, bahwa saat ini pihaknya terus berupaya optimal untuk menahan agar tumpahan minyak tidak melebar ke perairan yang lebih luas, salah satunya yaitu dengan menaruh oil boom di sekitar lokasi oil spill. Oil boom merupakan peralatan yang digunakan untuk melokalisir atau mengurangi tumpahan minyak di perairan.

Dia memastikan, Tim Pertamina juga menyisir seluruh wilayah pesisir pantai di sekitar FT Ternate guna memastikan kondisi lingkungan sekitar. Petugas juga sudah melakukan pencegahan dengan menyemprotkan dispersant di area sekitar.


“Tadi malam sudah dilakukan penghentian discharge dan langsung dilakukan pengecekan di perairan sekitar kapal dan floating hose dan tidak ditemukan film minyak,“ katanya.

Baca Juga: Razman Laporkan Hotman Paris Ke Polda Metro Jaya

Saat ini Pertamina masih terus berupaya untuk mengidentifikasi kejadian ini. Peralatan OSR (Oil Spill Response) selalu siaga guna mengantisipasi jika terjadi tumpahan minyak dan tim penyelam juga telah dikerahkan untuk melakukan pemantauan sarpras dalam air guna mengidentifikasi titik rembesan.***

Editor: Markon Piliang

Tags

Terkini

X