• Minggu, 2 Oktober 2022

Dokter Terawan Dipecat Karena Gunakan Terapi Cuci Otak Pada Vaksin Nusantara, Anggota DPR Menyesalkan

- Minggu, 27 Maret 2022 | 10:43 WIB
Dokter Terawan Agus Putranto. (Istimewa)
Dokter Terawan Agus Putranto. (Istimewa)

 

SUARAKARYA.ID: Muktamar ke-13 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di Aceh resmi memecat Dr Terawan Agus Putranto. Dokter penemu vaksin Nusantara itu dipecat dengan dugaan menggunaan metode terapi cuci otak dalam pengobatannya termasuk pada vaksin nusantara.

Berdasarkan keputusan Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK), dr Terawan dipecat dalam Muktamar Ke-31 IDI yang digelar di Aceh.

Dengan pemecatan itu dr Terawan pun tidak diizinkan melakukan praktik kedokteran. Hal itu dikonfirmasi Ketua Panitia Muktamar Ke-31 IDI dr Nasrul Musadir Alsa, Sabtu (26/3/2022).

"Iya (dipecat), dari hasil muktamar yang kami terima ya. Dari hasil yang kita terima yang diserahkan panitia memang begitu, (sesuai) MKEK iya," kata dr Nasrul Musadir Alsa.

Anggota DPR RI Fraksi Gerindra Habiburokhman turut buka suara terkait pemecatan eks Menkes dr Terawan sebagai anggota IDI oleh MKEK IDI.

Habiburokhman, yang sempat disuntik vaksin Nusantara buatan dr Terawan, mengaku kecewa dengan pemecatan itu.

"Sebagai anggota DPR saya mendapat masukan dari banyak sekali tokoh masyarakat yang merasa kecewa dengan keputusan pemecatan dr Terawan dari keanggotaan IDI," kata Habiburokhman kepada wartawan, Sabtu (26/3/2022).

Habiburokhman menyebut belum paham alasan IDI melakukan pemecatan terhadap dr Terawan. Namun, kata dia, berdasarkan informasi yang beredar, dr Terawan dipecat akibat pengobatan dengan metode 'cuci otak' menggunakan alat Digital Substraction Angiography (DSA).

"Sejauh ini IDI belum memberi penjelasan yang lengkap detail soal penyebab pemecatan tersebut. Namun informasi yang beredar bahwa dr Terawan dipecat terkait kontroversi metode 'cuci otak' dengan alat Digital Substraction Angiography (DSA) dalam pengobatan stroke dan vaksin nusantara untuk mencegah COVID-19," ucapnya.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Terkini

R20 Ajak Gotong Royong Wujudkan Tatanan Dunia yang Damai

Jumat, 30 September 2022 | 20:06 WIB
X