• Minggu, 2 Oktober 2022

Longboat Tenggelam Di SBT Bersama 11 Penumpang, Faktor Cuaca Hambat Tim SAR Lakukan Pencarian Korban.

- Kamis, 24 Maret 2022 | 16:24 WIB
Kepala Kantor Basarnas Ambon Mustari (Istimewa)
Kepala Kantor Basarnas Ambon Mustari (Istimewa)

 

SUARAKARYA.ID: Faktor cuaca  tak mendukung, sebanyak 11 penumpang longboat yang terdiri dari pegawai Inspektorat , Bapeda dan masyarakat umum kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) belum dapat pertolongan.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ambon masih menunggu kondisi cuaca membaik untuk melakukan operasi SAR dengan kapal Basarnas mencari 11 penumpang longboat yang dilaporkan tenggelam di sekitar perairan Pulau Teor, Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku.

"Kapal Basarnas sekarang dalam posisi siaga menunggu kondisi cuaca agak membaik agar bisa langsung bergerak menuju lokasi kecelakaan," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ambon Mustari di Ambon, Kamis (24/3/2022), seperti sudah diberitakan suarakarya.id, beberapa jam lalu.

Baca Juga: Pegawai Inspektorat SBT Maluku Tenggelam Dalam Menjalankan Tugas

Anggota tim SAR maupun seluruh unsur potensi SAR yang akan dilibatkan dalam operasi pencarian hari pertama ini, mereka sudah mempersiapkan diri sejak pagi hari.

Sebuah longboat dilaporkan mengalami musibah di sekitar Perairan Pulau Teor, Kabupaten Seram Bagian Timur pada Rabu, (23/3/2022) sekitar sore hari saat membawa rombongan pegawai Inspektorat dan Bappeda kabupaten setempat.

Dalam rombongan itu juga dilaporkan terdapat Camat Teor Indah Adhayati Rumakway, seorang anak berusia tiga tahun bernama Hairudin, serta tiga orang warga bernama Jafar Rumatiga, Idrus Retob, dan Saida Keliobas.

Baca Juga: Kejar Target Pengeboran, SKK Migas Gelar Drilling Summit 2022

Sedangkan pegawai Inspektorat masing-masing Rinto, Ismail Hatala, Ibrahim Kilwouw dan tiga pegawai Bappeda Kabupaten Seram Bagian Timur, yakni Gusti Pattikupang, Uya Kilkoda, serta Fajrin.

Anggota DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur Umar Gazam yang dihubungi secara terpisah membenarkan adanya musibah kecelakaan di laut yang menimpa Camat Teor dan rombongan Inspektorat serta Bappeda setempat.

"Saya sementara melakukan tugas di luar daerah, namun ada laporan yang diterima dan beritanya ramai di media sosial. Rombongan ini sementara melakukan tugas pengawasan rutin pengelolaan DD-ADD di wilayah itu," kata Umar seperti dilaporkan AntaraNews.

Baca Juga: Standar Pelayanan BRI Sama, Dari Sabang Hingga Merauke

Namun, longboat yang ditumpangi mereka dilaporkan tenggelam antara Perairan Pulau Bam dan Pulau Teor, dan satu orang dilaporkan selamat setelah berenang sekitar delapan jam menuju pantai Pulau Teor. ***

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Terkini

R20 Ajak Gotong Royong Wujudkan Tatanan Dunia yang Damai

Jumat, 30 September 2022 | 20:06 WIB
X