• Senin, 26 September 2022

Jokowi Satukan Tanah Dan Air Dari 34 Provinsi Di Gentong Nusantara, IKN Pun Siap Dibangun

- Senin, 14 Maret 2022 | 16:15 WIB
Presiden Jokowi tuangkan air dari Gubernur Kaltim Isran Noor ke Gentong Nusantara, disaksikan Ketua MPR Bambang Soesatyo. (YouTube Sekretariat Presiden.)
Presiden Jokowi tuangkan air dari Gubernur Kaltim Isran Noor ke Gentong Nusantara, disaksikan Ketua MPR Bambang Soesatyo. (YouTube Sekretariat Presiden.)

SUARAKARYA ID: Sebuah gawe besar pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dimulai. Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menorehkan sejarah tanda awal dimulainya pembangunan IKN tersebut dengan melakukan prosesi penyatuan tanah dan air Nusantara bersama para gubernur dari 34 provinsi Indonesia di Kawasan Titik Nol IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).

Dari tayangan video di kanal YouTube Sekretariat Presiden terlihat, sebelum memasuki lokasi titik nol IKN, Presiden bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo disambut dengan ritual adat singkat pembersihan diri dari marabahaya. Kemudian, Presiden dan Ibu Negara beserta rombongan diiringi tari-tarian khas Kutai Kertanegara menuju lokasi titik nol untuk melakukan prosesi penyatuan tanah dan air.

Dalam prosesi tersebut, para gubernur membawa tanah dan air dari masing-masing wilayah yang diambil dari titik-titik lokasi sesuai kearifan lokal dan budaya masing-masing. Lalu, satu per satu para gubernur menyerahkan tanah dan air tersebut kepada Presiden Jokowi dan Presiden langsung menuangkannya di gentong yang sudah disiapkan menjadi satu dari 34 provinsi.

Baca Juga: Presiden Minta Para Gubernur Sikapi Krisis Energi Dan Pangan Akibat Ketidakpastian Global

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat kesempatan pertama untuk menyerahkan tanah dan air yang dibawanya kepada Presiden Jokowi. Kemudian secara bergiliran setiap kepala daerah melakukan hal serupa. Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor memperoleh kesempatan paling akhir.

“Pada hari ini, Senin, 14 Maret tahun 2022, kita hadir bersama-sama di sini dalam rangka sebuah cita-cita besar dan pekerjaan besar yang akan kita segera mulai, yaitu pembangunan Ibu Kota Nusantara. Saya hadir di sini bersama-sama dengan 34 gubernur dari 34 provinsi di seluruh Tanah Air, bersama-sama dengan 15 tokoh masyarakat dari Kalimantan Timur,” kata Presiden dalam sambutannya.

Secara khusus Presiden berterima kasih dan mengapresiasi para gubernur yang hadir di titik nol IKN. Kehadiran mereka digambarkannya sebagai cerminan bentuk kebhinekaan dan persatuan yang kuat bangsa Indonesia dalam ikut terlibat membangun Ibu Kota Nusantara.

Baca Juga: Santun Dan Mampu Teruskan Kepemimpinan Presiden Jokowi, Mengalir Dukungan Airlangga Hartarto Capres 2024

"Kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI, Polri, swasta, dan seluruh masyarakat dalam mendukung pembangunan ibu kota negara ini akan sangat membantu agar apa yang kita cita-citakan ini bisa segera terwujud,” ujar Kepala Negara.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Terkini

Charta Politika: Sandiaga Cawapres Paling Disukai Publik

Kamis, 22 September 2022 | 19:54 WIB

Surat  Terbuka Bangsa  Seram di Maluku Berduka

Kamis, 22 September 2022 | 09:24 WIB

Bupati Purwakarta Gugat Cerai Suaminya dan Profil

Kamis, 22 September 2022 | 09:23 WIB

Bjorka - Akan Ada Kejutan dalam Waktu Dekat

Selasa, 20 September 2022 | 23:30 WIB
X